07 Okt 2019
  |  
Dilihat : 40 kali

BPJS Kesehatan Sosialisasi Penjaminan Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Kalimantan

Balikpapan, Jamkesnews - Bagi masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas kini tak perlu khawatir akan jaminan biaya pelayanan kesehatan. Saat ini ada 5 lembaga yang akan menjaminkan biaya pelayanan kesehatan bagi korban kecelakaan lalu lintas, antara lain PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (TASPEN), PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI), PT Jasa Raharja, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Sebagai informasi, terdapat 2 kategori kecelakan lalu lintas yaitu kecelakaan lalu lintas tunggal dan ganda. Untuk kecelakaan lalu lintas ganda akan dijaminkan oleh pihak PT Jasa Rahaja sebagai penjamin pertama sedangkan untuk kecelakaan lalu lintas tunggal dijaminkan oleh PT Asabri, PT Taspen dan BPJS Ketenagakerjaan yang masuk ke dalam kategori kecelakaan kerja dan yang masuk ke kategori bukan kecelakaan kerja dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Untuk memberikan pelayanan yang baik bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan yang merupakan salah satu dari penjamin tersebut melakukan koordinasi teknis dengan Kepolisian Republik Indonesia untuk wilayah daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara, Jumat (04/10).

Asisten Deputi Direksi Bidang Pembiayaan Manfaat Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Medianti Ellya Permatasari menyebutkan dalam proses penjaminannya diperlukan adanya laporan polisi terkait terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Laporan polisi diperlukan bagi peserta JKN-KIS yang memerlukan penjaminan pelayanan kesehatan akibat kecelakaan lalu lintas, karena didalam laporan polisi tersebut ditentukan kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan tunggal atau ganda. Dengan adanya sistem integrasi yang ada saat ini, peserta JKN-KIS cukup melapor ke pihak kepolisian saja tidak perlu untuk kekantor jasa rahaja ataupun BPJS Kesehatan,” ujar Medianti.

Sementara itu dukungan diberikan oleh pihak kepolisian melalui Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Porli Agus Suryonugroho menyebutkan pihaknya mendukung penuh terhadap keberlangsungan program ini.

“Dengan adanya pertemuan ini tentunya kami mendukung penuh berjalannya program JKN-KIS ini. Pihak kepolisian bisa melakukan koordinasi teknis dengan BPJS Kesehatan dan lembaga lainnya mengenai penjaminan biaya layanan kesehatan bagi korban kecelakaan lalu lintas serta tak lupa saya menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan segera jika mengalami kecelakaan lalu lintas,” ujar Agus.(KA/yo)