07 Sep 2019
  |  
Dilihat : 430 kali

Lakukan Customer Feedback, Upaya BPJS Kesehatan Jember Tingkatkan Pelayanan Peserta

Lumajang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Jember terus melakukan upaya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Salah satu upaya tersebut adalah dengan  melakukan umpan balik peserta / customer feedback yang dapat dilakukan kepada peserta baik di Kantor Cabang maupun di Rumah Sakit.  

Ditemui di salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTRL)/ Rumah Sakit Kabupaten Lumajang mitra BPJS Kesehatan yaitu RS. Djatiroto, Petugas Informasi dan Pengaduan Peserta (PIPP) Kantor Cabang Jember Vina Nihayatus Sa’adah melakukan kegiatan Customer Feedback pada Jumat (06/09). Setelah mendapatkan persetujuan dari Direktur RS Djatiroto, dengan didampingi oleh petugas SIPP RS Yuni Indrawati , Vina melakukan Customer Visit kepada peserta JKN-KIS yang sedang mendapatkan perawatan rawat inap di rumah sakit tersebut.

“Kegiatan Customer Feedback ini tentunya tidak lepas dari upaya untuk memastikan bahwa peserta JKN-KIS terlayani dengan baik baik saat mendapatkan pelayanan di Kantor Cabang atau saat mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan. Untuk di rumah sakit memang bersamaan dengan kegiatan customer visit yang rutin kami lakukan," jelas wanita yang akrab di sapa Vina.

Vina menjelaskan bagaimana mekanisme Customer Feedback ini dilakukan. Untuk di rumah sakit, umpan balik ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan customer visit kepada peserta yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit baik itu perawatan rawat jalan maupun rawat inap. Sedangkan untuk di Kantor Cabang, peserta yang menjadi sasaran Customer Feedback adalah pengunjung yang menjadi peserta baru dan juga peserta lama yang melakukan perubahan data peserta.

Customer Feedback ini semacam survey yang dilakukan secara mandiri oleh BPJS Kesehatan. Hasilnya ini  akan menjadi umpan balik baik untuk Kantor Cabang maupun Rumah Sakit untuk dilakukan perbaikan apabila ada kekurangan atau apabila adanya keluhan yang disampaikan oleh peserta untuk dapat segera ditindak lanjuti,” terang Vina.

Ditemuin ditempat yang sama Direktur RS Djatiroto dr. Dyah Ayu Retno Palupi sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya, selain survey atau umpan balik yang dilakuakn secara mandiri oleh rumah sakit sendiri, customer feedback yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan ini juga menjadi penyeimbang dalam memberikan penilaian yang nantinya dipergunakan untuk upaya perbaikan dan peningkatan kualitas layanan.

“Hasil umpan balik ini yang kami harapkan dapat memberikan masukan bagi kami pihak rumah sakit untuk terus melakukan upaya-upaya peningkatan layanan. Karena rumah sakit ini termasuk rumah sakit yang baru lahir dan proses pengembangan. Tak jarang memang keluhan terjadi, namun harapannya keluhan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan menjadi pemicu kami untuk memaksimalkan pelayanan kepada peserta dan pasien lainnya.” pesan dokter yang akrab disapa Ayu. (ar/al)