06 Sep 2019
  |  
Dilihat : 10 kali

SOSIALISASIKAN PROGRAM JKN-KIS BERSAMA MAHASISWA KULIAH KERJA USAHA

Muara Bungo, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo berkesempatan memberikan sosialisasi kepada masyarakat saat diundang sebagai narasumber oleh Panitia Kuliah Kerja Usaha (KKU) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Setih Setio Muara Bungo di Dusun Muara Kamang Kecamatan Pelapat Ilir Kabupaten Bungo.

Kegiatan sosialisasi disampaikan Staf Relationship Officer (RO) Cabang Muara Bungo, Gita Persada dengan perserta yang hadir sebanyak 51 orang dari Dusun Muara Kamang.

“Kami sangat berterima kasih kepada panitia KKU STIA Setih Setio dan BPJS Kesehatan Muara Bungo yang memberikan informasi tentang program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) kepada warga dusun Muara Kamang, saya minta kepada warga agar memahami informasi yang disampaikan karena sangat membantu apabila dipergunakan untuk berobat nanti,” sebut Camat Pelepat Ilir Margono.

Ketua KKU STIA Setih Setio, Nanang menyampaikan kegiatan sosialisasi dilaksanakan BPJS Kesehatan sangat penting untuk semua warga, karena Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan merupakan program Nasional yang wajib untuk seluruh penduduk Indonesia.

“Untuk saat ini pendaftaran wajib 1 KK, pendaftaran untuk peserta mandiri wajib menggunakan buku rekening. Dan untuk pendaftaran pertama butuh waktu selama 14 hari untuk dapat di bayarkan dan setelah di bayarkan kartu bisa di ambil di kantor BPJS Kesehatan dengan membawa bukti pembayaran,” sebut pemberian materi Pihak BPJS Kesehatan diwakili Gita Persada.

“Untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) merupakan segmen kepesertaan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat kurang mampu dengan hak di kelas 3 dan tidak dapat naik kelas pada saat dirawat inap. Sedangkan peserta mandiri yang membayar iurannya sendiri setiap bulan, dapat memilih kelas sesuai dengan kemampuan membayar iuran, dan apabila di rawat inap dapat mengajukan naik ke kelas rawat yang lebih tinggi dengan membayar selisih biaya antara kelas yang dipilih dengan hak yang dimiliki,”tambah Gita.

“Kita menyambut baik kegiatan KKU Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Setih Setio Muara Bungo yang diadakan di dusun Muara Kamang dapat memudahkan masyarakat untuk mendengarkan secara langsung dari BPJS Kesehatan,“ tutup Gita. (aw/ld)