06 Sep 2019
  |  
Dilihat : 221 kali

E- CLAIM MEMUDAHKAN RUMAH SAKIT DALAM PENGAJUAN PENAGIHAN KLAIM SECARA VALID DAN REALTIME

Bukittinggi, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi gelar pertemuan kemitraan sosialisasi dan evaluasi pelaksanaan E-Claim dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan di wilayah kerja Cabang Bukittinggi, Kamis (05/09).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Cabang Bukittinggi bersama rombongan, Petugas E – Claim dan Casemix masing – masing Rumah Sakit.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Yessy Rahimi berharapa adanya proses Vedika dapat mempercepat waktu penyelesaian klaim dan kesepahaman pengajuan klaim antara FKRTL dengan BPJS Kesehatan.

“E-Claim merupakan metode simplikasi dokumen klaim menjadi dokumen digital melalui file elektronik, sehingga pengajuan klaim tidak banyak lagi menggunakan kertas yang berlebihan. Diharapkan dengan adanya E-Claim dengan basis sistem penagihan RS yg paperless berbasis digital mengurangi penumpukan berkas dimana klaim masih bersifat manual dan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Yessy.

Pada kesempatan yang sama, Yessy juga menyampaikan feedback hasil Implementasi E-Claim di FKRTL, dimana masih ada beberapa yang belum menerapkan pengajuan klaim secara manual.

“Saya berharap kepada PIC Jaminan Kesehatan dan Casemix sebagai perwakilan dari sembilan rumah sakit yang belum menerapkan E-Claim untuk dapat menerapkan sistem ini dalam penagihan klaimnya dengan menyatakan pernyataan komitmennya kepada BPJS Kesehatan. Sehingga tidak ada lagi penumpukan berkas dan waktu yang lebih singkat dalam pengajuan klaim dari FKRTL. Adanya sistem Paperless penagihan klaim ini diharapakan dapat memudahkan saat verifikasi dan saat audit, serta mengefisiensikan biaya operasional Rumah Sakit dan tidak perlu lagi hardcopy berkas,” ujar Yessy.

Disamping itu, salah satu FKRTL yang telah menerapkan E-Claim, Rumah Sakit Madina Bukittinggi, yang diwakilkan oleh Susi Marlina membagikan pengalamannya bahwa penggunaan E-Claim memudahkan FKRTL dalam proses klaim, tidak banyak administrasi dan meminimalisir biaya fotocopy.

“Adanya aplikasi E-Claim ini rumah sakit dapat menginput data secara valid dan realtime. Selain itu FKRTL dapat meningkatkan kepastian pembayaran klaim, memiliki catatan riwayat pelayanan peserta secara digital dan meningkatkan tertib dalam melakukan entri pelayanan. Selain itu dibutuhkan juga komitmen penuh FKRTL untuk menerapkan E-Claim ini dengan menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menerapkan sistem ini di rumah sakit, terutama jaringan komunikasi data agar optimal untuk pengajuan klaim berbasis digital ini,” tutup Susi. (aw/rh)