06 Sep 2019
  |  
Dilihat : 20 kali

Mobile Customer Service Siap Layani Warga Samarinda

Samarinda, Jamkesnews -  Upaya menyebarluaskan informasi tentang program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus dilakukan Kantor Cabang Samarinda BPJS Kesehatan, dengan “jemput bola” ke masyarakat Kota Samarinda menggunakan kendaraan khusus Mobile Customer Service (MCS). Mobile Customer Service adalah sarana pelayanan bergerak yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada para peserta JKN-KIS maupun masyarakat khususnya di tengah-tengah keramaian publik seperti car free day, olah raga Minggu pagi, kantor kecamatan, dan lain-lain.

“Dengan pelayanan MCS  peserta maupun masyarakat mendapatkan layanan pemberian informasi tentang program JKN-KIS, pendaftaran peserta, melakukan perubahan data peserta, atau mengecek status iuran peserta. Hal ini memudahkan masyarakat mendapatkan layanan yang pada akhirnya diharapkan masyarakat semakin paham dan peduli dengan program JKN-KIS," tutur Kepala Bidang  Cabang Samarinda BPJS Kesehatan Acmad Zainuddin saat ditemui tim Jamkesnews, Kamis (06/19).

Layanan MCS BPJS Kesehatan Kantor Cabang Samarinda pada bulan September ini dijadwalkan akan dilaksanakan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Samarinda dan seluruh kantor Kecamatan di Kota Samarinda.

“Dipilihnya Kantor Dukcapil dan Kantor Kecamatan sebagai salah satu tempat pelayanan MCS adalah untuk memudahkan peserta dalam mendaftar sebagai peserta JKN karena pendafataran peserta berbasis pada Nomor Induk Kependudukan (NIK), sehingga masyarakat yang sedang mengurus kartu keluarga dan KTP dapat langsung mendaftar sebagai peserta JKN-KIS”, terang Achmad.

Camat Samarinda Ulu M Fahmi mengatakan dirinya mengapresiasi pelayanan MCS untuk melayani calon peserta maupun peserta JKN di kantornya karena lebih mendekatkan pelayanan pada masyarakat.

“Masyarakat pasti terbantu sekali dengan pelayanan keliling ini, begitu juga dengan pegawai yang ada di kecamatan untuk mencetak kartu atau mengubah data tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Fahmi saat meninjau pelayanan MCS  di halaman parkir Kecamatan Samarinda Ulu.

MCS adalah upaya jemput bola bertujuan untuk memberikan kemudahan akses layanan bagi masyarakat dalam meningkatkan pemahanan terhadap program JKN-KIS, memberikan kemudahan akses layanan adminstrasi dan pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS, dan mengenalkan aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat sebagai salah satu inovasi layanan BPJS Kesehatan yang dapat diakses melalui smartphone.(KA/ej)