06 Sep 2019
  |  
Dilihat : 90 kali

MASYARAKAT KINI BISA AKSES LAYANAN KEPESERTAAN JKN-KIS DI KPPN BANYUWANGI

Banyuwangi, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Banyuwangi kembali bersinergi dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banyuwangi. Hal ini ditandai dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak terkait peningkatan kualitas layanan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Sinergi ini sebagai inovasi layanan bersama untuk memberikan alternatif kemudahan layanan informasi dan kepesertaan program JKN-KIS bagi masyarakat Banyuwangi serta ASN, baik di lingkungan KPPN Banyuwangi, maupun ASN pengelola keuangan Negara yang berkunjung ke KPPN Banyuwangi.

“Tidak saja mendapatkan layanan pencairan dan pertanggungjawaban dana APBN, ASN pengelola keuangan Negara yang berkunjung ke KPPN Banyuwangi kini juga bisa mendapatkan layanan informasi dan kepesertaan program JKN-KIS,” ucap Kepala KPPN Banyuwangi, Infron Roshadi.

Layanan informasi dan kepesertaan program JKN-KIS diberikan dengan menggunakan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan. Layanan ini dapat diakses mulai bulan September, setiap hari kamis mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB di halaman KPPN Banyuwangi, Jl A. Yani No. 120 Banyuwangi. Tidak menutup kemungkinan layanan masih bisa diperpanjang, apabila memang diperlukan.

Jenis layanan yang diberikan diantaranya Pendaftaran peserta JKN-KIS melalui mekanisme pelayanan cepat (fast track), Perubahan data dan pencetakan kartu peserta (KIS), serta Pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Wahyu Santoso menjelaskan langkah strategis ini diambil agar memecah antrian layanan kepesertaan JKN-KIS yang selama ini masih terpusat di Kantor Cabang.

“Di Banyuwangi memang sudah ada Mal Pelayanan Publik, sebagian masyarakat sudah mulai memanfaatkan layanan disana. Namun, kantor cabang masih menjadi tempat favorit masyarakat yang membutuhkan layanan kesepertaan JKN-KIS. Ibarat gayung bersambut, KPPN Banyuwangi mendukung upaya penambahan kanal layanan JKN-KIS,” beber Wahyu.

Wahyu menambahkan, selain di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Mal Pelayanan Publik, KPPN Banyuwangi, masyarakat juga bisa mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS melalui Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan yang dihadirkan untuk menjangkau masyarakat di daerah perifer.

“Setiap hari senin, MCS hadir di kantor desa Genteng Kulon, tanggal 4, 5 September kemarin di Kecamatan Gambiran, tanggal 10, 11 September di Kecamatan Srono, tanggal 17, 18 September di Kecamatan Sempu, dan tanggal 24, 25 September di Kecamatan Songgon,” jelas Wahyu (06/09).

Selain itu masyarakat juga dapat mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS secara online melalui aplikasi Mobile JKN atau dengan telepon ke care center BPJS Kesehatan di 1500400. (ar/da)