06 Sep 2019
  |  
Dilihat : 14 kali

BPJS Kesehatan Cabang Metro Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha Melalui Mekanisme Pemeriksaan Cepat

Metro, Jamkesnews – Dalam upaya optimalisasi fungsi kepatuhan pada segmentasi peserta ekerja Penerima Upah (PPU), BPJS Kesehatan melakukan kegiatan Complience Express for Company (CoEx) yang merupakan inovasi percepatan pemeriksaan terhadap Badan Usaha. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong badan usaha untuk patuh dalam mendaftarkan tenaga kerja, keluarga, dan pelaporan gaji yang benar serta patuh dalam pembayaran iuran kepada BPJS Kesehatan.

Bertempat di Kantor Kabupaten Tulang Bawang, kegiatan CoEx dilaksanakan pada hari Jumat (06/09), dengan mengundang 4 Badan Usaha untuk dilakukan pemeriksaan.

Petugas Pemeriksa BPJS Kesehatan Cabang Metro Ni Nyoman Suadi mengatakan bahwa ketidakpatuhan badan usaha dapat dilihat dari berbagai faktor antara lain, ketidakpatuhan registrasi, ketidakpatuhan mendaftarkan karyawan 100%  dan juga ketidakpatuhan membayar iuran. Dengan adanya CoEx, diharapkan pemeriksaan kepada badan usaha dapat lebih optimal.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mempersingkat bisnis proses dan mengurangi ketidakpastian respon atau tanggapan kepada badan usaha terhadap hasil temuan dari pemeriksaan,” tutur nyoman

Lebih lanjut, Nyoman menjelaskan bahwa kegiatan ini juga melibatkan staf Relationship Officer serta bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta sehingga dapat lebih efektif.

Dalam tahapan persiapan pemeriksaan, Petugas Pemeriksa akan menentukan beberapa Badan Usaha yang masuk skala prioritas untuk diperiksa. Data badan usaha didapatkan berdasarkan pelimpahan data dari masing-masing bidang.

Dikesempatan yang sama pimpinan Cabang PT Bangun Centra Abadi sebagai salah Beni Irawan, menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Jaminan Kesehatan ini.

“Perkerja kami yang aktif di lapangan sangat wajib dilindungi melalui jaminan kesehatan termasuk keluarganya, untuk itu kami pastikan akan mematuhi segala ketentuan sebagai peserta JKN-KIS,” imbuh Beni.

Beni juga menambahkan bahwa kegiatan CoEx ini sangat membantu badan usaha dalam implementasinya. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pairing data yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sudah patuh dengan ketentuannya.

“CoEx sangat membantu dengan pelayanan yang baik. wajib dipatuhi dengan aturan pemerintah, jika memang aturannya seperti itu maka harus kita ikuti,” tutup Beni. (FR/be)