06 Sep 2019
  |  
Dilihat : 10 kali

DPMPTSP Yahukimo Sudah 3 Tahun Komitmen Sukseskan Program JKN-KIS

Wamena, Jamkesnews - Demi keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berkualitas dan berkesinambungan, BPJS Kesehatan Cabang Wamena melakukan Perjanjian Kerjasama antara stakeholder terkait. Dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta  Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Yahukimo, Kamis (05/09).

Perpanjangan Perjanjian Kerjasama ini dilaksanakan agar cakupan kepesertaan makin luas, sehingga masyarakat yang belum memiliki Jaminan Kesehatan dapat terlindungi kesehatannnya, khususnya bagi peserta yang didaftarkan oleh Badan Usaha di Kabupaten Yahukimo.

“Sesuai dengan kerjasama kami dengan BPJS Kesehatan, ini sudah yang ketiga kalinya kita lakukan sejak 2017 sampai 2019. Kami juga terus memproteksi beberapa perusahaan yang didalamnnya mempekerjakan karyawan supaya kami pastikan jaminan kesehatan dari perusahaan bisa berjalan bagus. Kami juga ikut memberikan pelayanan kepada perusahaan-perusahaan. Saat melakukan perizinan kami cek perusahaan yang sudah memberikan jaminan kesehatan kepada karyawan. Tetapi kalau tidak kami tidak memberikan ijin karena itu sudah menjadi komitmen kami bersama BPJS Kesehatan dalam mendukung Program JKN-KIS yang sudah berjalan selama 3 tahun ini,” terang Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Yahukimo, Efraim Kenangalem dalam wawancara dengan tim Jamkesnews.

Efraim menambahkan, Dalam pelaksanaan di lapangan memang ditemui kendala namun dengan komunikasi yang baik maka para pemilik usaha akan mengerti bahwa pemberian jaminan kesehatan kepada karyawan adalah hal yang penting.

“Pihak pemerintah daerah selama ini kooperatif dan sangat mendukung terhadap jalannya Program JKN-KIS di wilayah kerja Cabang Wamena yang meliputi salah satunya adalah Kabupaten Yahukimo. Ini tentu saja penting dilakukan untuk kelancaran jalannya Program JKN-KIS  tentunya tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh BPJS Kesehatan,” ucap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Ivan Ravian.(TR/aa)