13 Agt 2019
  |  
Dilihat : 28 kali

Menjaga Keberlangsungan Program JKN-KIS dengan Rajin Bayar Iuran

Curup, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Curup melaksanakan sosialisasi tentang Program JKN-KIS kepada warga Kelurahan Talang Benih yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong, Senin (12/08). Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Curup R.A. Suci Rahmadaniati mengatakan, kehadiran BPJS Kesehatan bukan hanya memberikan pelayanan kesehatan, tetapi juga mengedukasi masyarakat mengenai berbagai hal seputar Program JKN-KIS.

"Tidak hanya kepada peserta JKN-KIS, tetapi juga kepada masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS. Karena sesuai dengan yang diamanatkan perundang-undangan, seluruh penduduk Indonesia berhak memperoleh perlindungan jaminan kesehatan. Kita juga tetap edukasi untuk masyarakat agar konsisten membayarkan iurannya sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Karena dengan bantuan secara gotong-royong, maka semua masyarakat Indonesia akan terlindungi jaminan kesehatannya melalui Program JKN-KIS" katanya.

Demi melaksanakan tugas tersebut, BPJS Kesehatan tentunya membutuhkan dukungan semua pihak yang terlibat demi terselenggaranya Program JKN-KIS ini. Untuk itu, Suci juga meminta agar para pemangku kepentingan di wilayah setempat dapat turut menggerakkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan berkontribusi aktif menjaga keberlangsungan JKN-KIS dengan rutin membayar iuran bulanan.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Talang Benih, Muktar menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut. Dia mengakui bahwa kegiatan seperti ini sungguh memberikan manfaat bagi masyarakatnya.

“Jujur kami juga belum paham sekali tentang program ini, maka dengan adanya sosialisasi ini sungguh kami bersyukur. Ada beberapa informasi yang masih simpang siur di masyarakat. Terutama masalah pelayanan kesehatan di rumah sakit. Kita bersyukur bisa bertanya langsung kepada pihak yang bisa menjawab dengan tepat. Kita juga berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat yang belum terdaftar bisa terbuka pikirannya untuk segera mendaftarkan dirinya dan keluarga karena sudah paham akan pentingnya Program JKN-KIS ini,” tambahnya. (RW/ds)