12 Agt 2019
  |  
Dilihat : 169 kali

STANDBOOTH BPJS KESEHATAN BERIKAN KEMUDAHAN AKSES UNTUK PESERTA DAN MASYARAKAT

Watampone, Jamkesnews – BPJS Kesehatan senantiasa berupaya mendekatkan diri kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (Program JKN-KIS) dalam upaya kemudahan pendaftaran, perubahan data peserta maupun kebutuhan masyarakat akan informasi seputar Program JKN-KIS. 

Salah satu kegiatan standbooth tersebut dilakukan oleh Kantor Kabupaten Wajo, yang membuka standbooth di antaranya pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo, Senin (12/8).

“Kami sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan standbooth ini, sebab masyarakat tidak lagi mencari dimana kantor BPJS Kesehatan dan bahkan kami dapat sekaligus melakukan pendaftaran. Di sini saya melihat petugas BPJS Kesehatan sangat aktif mengajak masyarakat.” tutur Dahniar Gaffar, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo.

Dahniar mengharapkan kedepannya agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terus menerus sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, dan yang paling penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mendaftar sebagai peserta JKN-KIS selagi kondisi masih sehat atau sebelum sakit.

Standbooth BPJS Kesehatan adalah sebuah loket kecil yang mobile yang ditempatkan terjadwal di berbagai instansi ataupun di tempat-tempat keramaian. Dalam kegiatan standbooth tersebut, petugas BPJS Kesehatan standby di tempat untuk membantu masyarakat sekitar ataupun peserta Program JKN-KIS.

Standbooth yang dilaksanakan di Disdukcapil merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Wajo. Kegiatan ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk dapat mendapatkan informasi seputar Program JKN-KIS dan pendaftaran Peserta JKN-KIS,” jelas Zulfikar Tabara, Staf Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Wajo saat diwawancara oleh Tim Jamkesnews.

Kegiatan standbooth BPJS Kesehatan sebagai wujud komitmen BPJS Kesehatan dimana secara terus menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai program pemerintah di bidang penjaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia.

"Dengan kegiatan ini, kami sangat mengharapkan masyarakat terbantu terutama bagi yang memiliki keperluan pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan Akte Kelahiran di Kantor Disdukcapil Kabupaten Wajo sehingga dapat sekaligus mendaftar menjadi peserta JKN-KIS di disdukcapil ini," kata Zulfikar.

Dengan kemudahan pendaftaran dan peningkatkan pemahaman masyarakat terkait Program JKN-KIS, harapan Universal Health Coverage dapat segera tercapai. Sehingga seluruh masyarakat indonesia, dapat dengan mudah mengakses pelayanan kesehatan.