12 Agt 2019
  |  
Dilihat : 30 kali

Tingkatkan Mutu Layanan FKTP Melalui Self Assesment dan Audit Medis

Jakarta Utara, Jamkesnews – BPJS Kesehatan melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman tentang pelaksanaan self assessment, audit medis internal FKTP dan survey oleh Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) terkait Rujukan Non Spesialistik (RNS) menggunakan dasar Time, Age, Comorbidity, Complication (TACC), Senin (12/08).

“Nota Kesepahaman ini tujuannya untuk memberikan akses kepada TKMKB wilayah Jakarta Utara untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan self assessment, audit medis internal FKTP dan survey oleh TKMKB terkait RNS menggunakan TACC. Sehingga TKMKB mempunyai gambaran terhadap pelaksanaannya,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara Elisa Adam.

Survey akan dilakukan melalui telaah rekam medis periode tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2019. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) akan memilih PIC untuk pelaksanaan survey yang akan dilakukan oleh TKMKB. Hasil survey akan ditelaah oleh TKMKB yang setelahnya menjadi pertimbangan untuk menyusun rekomendasi kepada BPJS Kesehatan guna meningkatkan mutu layanan kesehatan primer di FKTP wilayah Jakarta Utara. Kemudian rekomendasi tersebut akan disampaikan kepada seluruh FKTP di wilayah Jakarta Utara.

“Kami berharap setelah adanya rekomendasi dari TKMKB, akan dilanjutkan dengan upaya perbaikan mutu pelayanan di FKTP baik dari segi kompetensi SDM maupun kapasitas organisasi terhadap komitmen pelayanan hasil peer review 144 diagnosa,” ungkap Elisa.

Ada 17 dari 25 FKTP yang hadir untuk menandatangani nota kesepahaman tersebut, sementara 8 sisanya merupakan Puskesmas tingkat kelurahan yang berada di bawah Puskesmas tingkat kecamatan.

“Adanya inovasi dari BPJS Kesehatan Jakarta Utara dengan penandatanganan MOU ini supaya kami dapat melakukan self assessment dan memberikan hak akses terhadap TKMKB merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk pelaksanaan Program JKN-KIS saja, tetapi untuk FKTP untuk terus memperbaiki diri baik dari segi pelayanan kepada peserta maupun SDM,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Koja Sri Puji Wahyuni.

Ia menambahkan bahwa sebagai instansi Pemerintah, pihaknya akan terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan, untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS.(rg)