10 Agt 2019
  |  
Dilihat : 89 kali

TAK MAU KETINGGALAN, PETUGAS RUMAH SAKIT RAMAI-RAMAI UNDUH MOBILE JKN

Maumere, Jamkesnews – Mengikuti perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0 BPJS Kesehatan mempermudah layanan administratif kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui aplikasi Mobile JKN yang telah dirilis sejak 2016 lalu.

Sejak awal diluncurkan aplikasi ini diklaim sebagai media yang dapat mempermudah peserta Program JKN-KIS mengakses pelayanan kesehatan tanpa harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan, terbukti dengan keunggulan aplikasi ini puluhan tenaga medis di Kabupaten Sikka telah membenamkan aplikasi ini pada masing-masing smartphone mereka. Saat dikunjungi oleh petugas BPJS Kesehatan di Rumah Sakit St. Elisabeth Lela-Maumere salah satu tenaga kesehatan dengan antusias menunjukkan aplikasi ini pada smartphone-nya dibarengi dengan cerita pengalamannya saat menggunakannya, Jumat (9/8)

“Saya sudah download dan register Mobile JKN, saya terkesan dengan fitur lokasi fasilitas kesehatan dan lokasi kantor BPJS Kesehatan berbasis GPS, sehingga peserta dapat mengetahui lokasi fasilitas kesehatan atau lokasi kantor BPJS Kesehatan yang terdekat dari lokasi peserta berada pada saat itu,” ungkap Frans.

Adapun layanan yang terdapat di dalam aplikasi yang terdapat pada Appstore maupun Playstore ini yakni Pendaftaran Peserta Baru, Update Data Peserta (termasuk mengubah fasilitas kesehatan), Kartu Kepesertaan Digital, kanal Informasi dan Penyampaian Pengaduan. Sebelum Aplikasi Mobile JKN diluncurkan layanan-layanan tersebut hanya dapat diakses oleh peserta di Kantor Cabang BPJS Kesehatan saja.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka banyak kemudahan yang bisa didapatkan. BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggra jaminan kesehatan nasional telah memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. Dengan ikut mendownload aplikasi ini, semua peserta JKN - KIS tidak perlu lagi untuk datang atau mengantri ke kantor cabang dalam melakukan pengurusan berbagai administrasi.

“Dengan sebuah gadget, Kita bisa lakukan pekerjaan atau kegiatan dengan mudah, ditambah lagi era digital saat ini sudah sangatlah maju, dan akan terus berkembang dari waktu ke waktu, untuk itu kami berharap agar seluruh masyarakat wajib menggunakan aplikasi ini agar dapat mengelola kepesertaannya sendiri cukup dari rumah saja,” tutur Handihka Ramadhan, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan saat bertandang ke Rumah Sakit St. Elisabeth Lela.(ay/cr)