09 Agt 2019
  |  
Dilihat : 236 kali

MCS Go Shopping, Solusi Pelajari JKN-KIS Sambil Belanja

Padangsidimpuan, Jamkesnews - Layanan Mobile Costumer Service (MCS) BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan kini aktif berkeliling mengunjungi minimarket di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Kunjungan ini merupakan bagian dari program khusus layanan MCS yakni MCS Go Shopping yang menyasar pada minimarket maupun pedagang pasar tradisional.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Prabu Cabang Padangsidimpuan Dian Sori mengatakan, BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi dan pengembangan pelayanan peserta, tidak terkecuali pelayanan pemberian informasi melalui MCS. Menurut Prabu, pemberian informasi dengan mendatangi satu persatu peserta tidak memberikan dampak besar, sehingga perlu dilakukan pendekatan lain agar pemberian informasi lebih optimal.

“Sampai saat ini kita masih rutin mengunjungi pasar tradisional. Namun, pertumbuhan jumlah minimarket di wilayah Tabagsel cukup pesat tidak dapat kita abaikan, kita melihat hal ini menjadi peluang untuk memperkenalkan Program JKN-KIS khususnya kepada pramuniaga dan kasir minimarket mitra pembayaran iuran JKN-KIS. Diharapkan mereka lebih komunikatif mengingatkan peserta membayar iuran tepat waktu. Tentu saja ada keuntungan tersendiri bagi mereka jika peserta melakukan transaksi pembayaran iuran melalui minimarket,” kata Prabu, Jumat (09/08).

Prabu menambahkan tidak ada persiapan khusus dalam pelaksanaan MCS Go Shopping. Tidak seperti sosialisasi dan edukasi pada umumnya, kegiatan kunjungan dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat dengan memanfaatkan situasi lenggang minimarket. Informasi yang disampaikan antara lain kewajiban pendaftaran dan pembayaran iuran JKN-KIS. Prabu juga memastikan setiap pramuniaga dan kasir minimarket telah mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk kemudahan akses informasi dan pelayanan pengaduan.

Salah satu pramuniaga minimarket modern, Zulfa, mengaku senang mendapat kunjungan dari BPJS Kesehatan. Menurut Zulfa informasi yang disampaikan sangat bermanfaat dan membantu tugasnya sebagai pramuniaga di minimarket yang menjadi mitra BPJS Kesehatan dalam pembayaran iuran JKN-KIS.

“Program MCS Go Shopping ini bagus dan sangat bermanfaat. Saya juga baru tahu ternyata BPJS Kesehatan mengeluarkan aplikasi Mobile JKN untuk peserta JKN-KIS. Peserta pasti sangat terbantu dengan aplikasi ini, apalagi bagi yang sibuk tidak sempat ke Kantor BPJS Kesehatan. Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah berkunjung dan memberikan perhatiannya kepada peserta,” ungkap Zulfa. (hf/fz)