09 Agt 2019
  |  
Dilihat : 120 kali

Pastikan Petugas RS Paham, BPJS Kesehatan Sibolga Gencarkan Sosialisasi SIPP

Sibolga, Jamkesnews – Sebagai upaya memberikan kemudahan dan kemanfaatan dalam penyelenggaran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mengembangkan inovasi berupa aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP). Untuk memastikan pemberi layanan kesehatan telah memahami aplikasi itu, BPJS Kesehatan Cabang Sibolga melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi SIPP kepada petugas rumah sakit di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (08/08).

Kepada tim Jamkesnews, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Elseria Riris Sitinjak menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi aplikasi SIPP ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para petugas rumah sakit di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Jadi nantinya kita berharap ketika menjalani tugasnya di lapangan para petugas rumah sakit ini sudah dapat menggunakan aplikasi SIPP ini dengan maksimal tanpa adanya kendala, baik untuk menangani pengaduan peserta, permintaan informasi, perhitungan denda, ataupun pendaftaran bayi baru lahir,” jelas Riris.

Riris juga menerangkan bahwa munculnya aplikasi SIPP ini mendapatkan tanggapan positif dari para petugas rumah sakit. Pasalnya dengan adanya aplikasi ini maka BPJS Kesehatan bersama dengan rumah sakit dapat menangani pengaduan ataupun permintaan informasi dengan efisien dan efektif. Menurutnya, versi terkini dari aplikasi ini bahkan sudah mampu untuk mengakses menu baru seperti pendaftaran bayi baru lahir juga penghitungan denda pelayanan rawat inap untuk peserta mandiri atau PBPU.

“Untuk perhitungan denda rumah sakit sudah sangat mudah karena dapat dilakukan melalui Aplikasi SIPP ini saja, tidak perlu lagi dilakukan secara manual,” ujar Ayu salah satu petugas rumah sakit. (hf/ha)