09 Agt 2019
  |  
Dilihat : 904 kali

BAYAR IURAN JKN-KIS JADI LEBIH MUDAH LEWAT PPOB AGEN BNI 46

Bima, Jamkesnews – Salah satu inovasi BPJS Kesehatan dalam memudahkan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri untuk melakukan pembayaran iuran adalah melalui agen Payment Point Online Bank (PPOB). Payment Point Online Bank (PPOB) adalah suatu jenis usaha yang menyediakan jasa layanan pembayaran online secara real time dan bekerja sama dengan bank sebagai fasilitator/aggregator. Dengan adanya PPOB, peserta JKN-KIS pun jadi lebih mudah melakukan pembayaran iuran yang wajib dilunasi sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

BPJS Kesehatan Cabang Bima bekerja sama dengan Bank BNI melalui Agen PPOB BNI 46 berupaya untuk mempermudah peserta melakukan pembayaran iuran, baik pembayaran iuran pertama maupun iuran berjalan setiap bulannya.

“Dengan hadirnya Agen PPOB BNI 46 kita harapkan peserta tidak lagi kesulitan dalam melakukan pembayaran iuran, karena Agen BNI 46 sudah tersebar dimana – mana. Jadi bagi masyarakat yang memang tinggal di lokasi yang jauh dari pusat kota sehingga kesulitan melakukan pembayaran iuran melalui ATM ataupun Bank, bisa membayar melalui Agen BNI 46,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Bima, Rian Hermana saat melakukan gathering dengan Agen BNI 46 Kota Bima dan Kabupaten Bima pada Jumat (09/08).

Koordinator Agen BNI 46 Cabang Bima, Yayat menjelaskan bahwa menjadi Agen PPOB juga sangat menguntungkan terutama untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

“Jadi kita bangun relasi dengan tetangga ataupun teman untuk melakukan pembayaran iuran melalui kita sebagai agen. Jika setiap harinya rata-rata 20-50 orang yang bayar iuran dan dikali selama sebulan, itu sudah sangat menguntungkan. Itu baru nilai keuntungan dari per transaksi, belum termasuk fee dari pihak Bank,” jelas Yayat.

Diharapkan dengan semakin banyaknya channel pembayaran seperti Agen PPOB, peserta JKN-KIS tidak lagi menunggak iuran karena semakin dimudahkan melakukan pembayaran. Selain sebagai channel pembayaran iuran, Agen PPOB juga dihimbau untuk melakukan sosialisasi kepada peserta JKN-KIS terutama kewajiban rutin membayar iuran sehingga bisa meningkatkan kolektabilitas iuran. (ay/ad)