09 Agt 2019
  |  
Dilihat : 1640 kali

RSUD Bendan Pekalongan Jadi Nominasi RS Teladan

Pekalongan, Jamkenews – BPJS Kesehatan menyelenggarakan pemberian penghargaan sebagai rumah sakit teladan terhadap fasilitas kesehatan, sebagai bentuk apresiasi kepada mitra  BPJS Kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan secara prima terhadap pasiennya peserta JKN-KIS. 

Mitra BPJS Kesehatan Pekalongan, RSUD Bendan mendapatkan kehormatan terpilih sebagai 20 nominasi rumah sakit teladan era JKN-KIS. Adapun beberapa indikator penilaian yang akan dilakukan tim juri di antaranya adalah bagaimana peran dari rumah sakit dalam menyikapi komplain peserta, cepat tanggap ataupun respon rumah sakit dalam mengatasi komplain tersebut.

"Peran Customer Service rumah sakit pun menjadi penilaian, kemampuan dalam memberikan kepuasan pelayanan terhadap peserta utamanya dalam memberikan layanan informasi terkait pelayanan medis di rumah sakit tersebut," jelas Deputi Direksi Bidang Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Arief Saefudin saat melakukan kunjungan bersama Ketua YLKI Tulus Abadi ke RSUD Bendan, Jumat (09/08).

Dan penilaian yang cukup menjadi perhatian dari juri juga adalah kemampuan dari rumah sakit menghadirkan berbagai inovasi untuk mempermudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik di rumah sakit tersebut. Dalam kunjungannya, tim juri melakukan observasi terhadap komponen penilaian rumah sakit. Sarana dan prasarana pendukung menjadi obyek observasi penilaian dari mulai ketersediaan ruang pengaduan atau komplain sampai dengan kamar yang representatif untuk pasien.

“Dengan adanya pemilihan rumah sakit teladan ini diharapkan rumah sakit dapat berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS,” ujar Arief.      

Dari segi inovasi, RSUD Bendan menghadirkan berbagai layanan yang umumnya berbasis teknologi seperti  Bendan Mobile (BEMO), Anjungan Pendaftaran Mandiri (APEM), Pendaftaran SMS Online (PENTOL), pendaftaran poliklinik secara mandiri, dan sistem integrasi pembayaran untuk pelayanan (Denda BPJS).

"Sebagai contoh Bendan Mobile (BEMO) adalah merupakan aplikasi berbasis android yang dikembangkan oleh RSUD untuk memberikan kemudahan kepada pasien, dari mulai pendaftaran, pemberitahuan nomor antrian, maupun jadwal dokter dan lain sebagainya. Semua ini semata-mata kami kembangkan untuk kepentingan semua pasien, baik peserta JKN-KIS maupun pasien umum,” ungkap Direktur RSUD Bendan, Junaedi Wibawa. 

Junaedi menambahkan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh RSUD Bendan dilakukan juga untuk meningkatkan daya saing dengan rumah sakit-rumah sakit lainnya di wilayah Kota Pekalongan.

(ma/ey)