09 Agt 2019
  |  
Dilihat : 691 kali

Permudah Pemberian Layanan kepada Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Sosialisasi Aplikasi PIPP

Sumba Barat, Jamkesnews – Dalam rangka terus meningkatkan pelayanan  kepada Peserta, salah satu kanal untuk dapat mewadahi keluhan maupun layanan informasi mengenai Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan melalui sistem Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) yang tersedia di Rumah Sakit provider BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Cabang Waingapu mengadakan sosialisasi Aplikasi Sistem Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) kepada Rumah Sakit pada Kamis (08/08).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya, yaitu RSUD Waibakul, RSUD Waikabubak, Rumah Sakit Kristen Lende Moripa dan Rumah Sakit Karitas.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Waingapu Noerasydin menyampaikan, kami menginformasikan mengenai aplikasi PIPP yeng terupdate. Pada aplikasi PIPP terbaru, petugas PIPP Rumah Sakit sudah bisa melakukan entry Bayi Baru Lahir dari Peserta JKN KIS, selain pengentrian pemberian informasi kepada peserta dan keluhan peserta.

“Aplikasi PIPP ini sangat membantu kami di Rumah Sakit Jadi peserta yang butuh informasi atau memberikan keluhan bisa cepat kami tindaklanjuti melalui aplikasi ini dan berkordinasi dengan pegawai BPJS Kesehatan, tidak perlu datang lagi ke Kantor BPJS Kesehatan,” ujar Fredik Nonomalo, Petugas Rumah Sakit Umum Waikabubak.

Menanggapi hal tersebut Noerasyidin menambahkan bahwa sebagian besar keluhan selama ini memang datang dari peserta yang berobat ke fasilitas kesehatan, maka sistem PIPP di rumah sakit ini dibentuk untuk memudahkan peserta yang disana dalam menyampaikan keluhannya secara langsung maupun untuk mendapatkan layanan informasi.

“Apabila ada peserta yang mengalami pelayanan yang tidak sesuai, silahkan segera menemui petugas di rumah sakit dengan membawa bukti atau kronologi kejadian, selanjutnya nanti akan diproses sesuai ketentuan Service Level Agreement (SLA) yang berlaku,” tambah Rasyid.

Selain Aplikasi PIPP BPJS Kesehatan sudah menyediakan beragam kanal pengaduan masyarakat, antara lain melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400, aplikasi Lapor di website BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN, maupun melalui petugas BPJS Kesehatan di kantor cabang maupun kantor layanan operasional yang ada di kabupaten/kota.

“Adanya sistem PIPP di Rumah Sakit ini diharapkan dapat menambah kanal penyampaian pengaduan, terutama peserta yang di rumah sakit, sehingga aduan dapat langsung ditangani dengan tepat dan cepat,” tutup Rasyid. (ay/DM)