09 Agt 2019
  |  
Dilihat : 46 kali

Mobile JKN Tawarkan Fitur Antrian Online di FKTP Kebumen

Kebumen, Jamkesnews - Pelayanan prima terus ditingkatkan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, salah satunya adalah implementasi antrian online Mobile JKN. Aplikasi yang dapat menampilkan antrian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ini secara live ini diklaim sebagai aplikasi yang memudahkan peserta JKN-KIS serta memudahkan operasional pelayanan FKTP. Puskesmas Mirit,  Puskesmas Alian, Puskesmas Petanahan dan Puskesmas Buayan, menjadi beberapa FKTP yang dilakukan uji coba dan pengecekan implementasi aplikasi antrian online.

“Pelayanan prima kami kedepankan terus untuk meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS wilayah KC Kebumen. Salah satunya dengan antrian online ini. Peserta JKN-KIS dapat memonitor antrian dari rumah mereka sebelum pergi ke puskesmas sehingga mereka dapat memperkirakan jam berapa mereka berangkat ke Puskesmas,” ucap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto, Kamis (08/08).

Wahyu juga menambahkan, Puskesmas dapat terbantu untuk operasional layanan antara lain, peserta JKN-KIS tidak menumpuk di Puskesmas, aplikasi langsung terkoneksi dengan aplikasi P-Care yang dapat mengurangi entry pendaftaran peserta JKN-KIS secara signifikan. Peserta datang dapat langsung terlayani. Peningkatan operasional layanan ini akan dimonitor terus untuk dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS.

“Aplikasi yang terdapat di Mobile JKN ini sangat mengurangi kepadatan pasien yang berkunjung ke Puskesmas, karena peserta dapat datang disaat dia akan mendapat pelayanan sehingga dapat tepat waktu terlayani,” ucap Kepala Puskesmas Mirit Kebumen Uskar Yuliananto. 

Sistem antrian online Mobile JKN ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan kesehatan, sehingga FKTP yang belum ada sistem antrian online ini dapat untuk segera mengimplementasikan dengan baik. Diharapkan antrian online seperti ini akan diberlakukan nasional untuk memudahkan semua pihak dalam melayani dan menikmati layanan kesehatan JKN-KIS. (ma/rz)