09 Agt 2019
  |  
Dilihat : 105 kali

PENYEMPURNAAN APLIKASI E-DABU, BADAN USAHA MERASA DIMUDAHKAN

Palu – Jamkesnews, Dalam rangka meningkatkan optimalisasi dan kemudahan proses rekrutmen peserta bagi Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU), BPJS Kesehatan memberikan sosialisasi kepada Badan Usaha yang telah mendaftarkan pekerjanya dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dihadiri oleh perwakilan PIC/HRD E-dabu pada Kamis (08/08) oleh petugas Administrasi Kepesertaan Herdiansyah di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu.

Aplikasi Edabu merupakan aplikasi yang digunakan oleh badan usaha untuk mengelola data kepesertaan pekerja dan anggota keluarga yang telah atau akan terdaftar sebagai Peserta Penerima Upah (PPU). Aplikasi E-dabu memberikan banyak kemudahan bagi badan usaha antara lain untuk penambahan peserta dan anggota keluarga, perubahan jenis kepesertaan peserta, perubahan upah dan data peserta serta mutasi dan penonaktifan peserta.

Dalam sosialisasi tersebut Herdiansyah menyampaikan terkait dengan penyempurnaan Aplikasi Edabu yang telah ditingkatkan oleh BPJS Kesehatan guna mempercepat proses pendaftaran dan mutasi peserta JKN-KIS dari segmen kepesertaan lainnya menjadi segmen PPU BU. “Sebelumnya PIC E-dabu harus mengirimkan data pendaftaran, perubahan ataupun mutasi melalui email sekarang sudah tidak perlu lagi mengirimkan via email karena sudah terakomodir di Aplikasi E-dabu versi terbaru,” Tuturnya.

Salah satu PIC E-dabu RS Woodward Palu Sulistiani menyampaikan hal-hal terkait E-dabu “Melalui aplikasi ini kami sangat terbantu. Aplikasi E-dabu setelah penyempurnaan menjadi lebih simple dan sudah dirampingkan untuk menunya. Menu entri peserta juga lebih mudah sekarang kalau sebelumnya saya masih sering lupa melakukan approve penambahan peserta pekerja baru sehingga mengakibatkan pekerja belum berhasil terdaftar. Sekarang tidak perlu khawatir akan hal itu karena menunya sudah lebih mempermudah saat pengentrian,” ujarnya.

Melalui aplikasi E-dabu proses pendaftaran dan pengelolaan data peserta Badan Usaha menjadi lebih mudah. Pemberi kerja melalui PIC/HRD E-dabu dapat mengakses aplikasi E-dabu menggunakan jaringan internet tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Dalam hal badan usaha sebagai pemberi kerja yang telah mendaftarkan pekerjanya dalam program JKN-KIS tetap melaksanakan kewajibannya sebagai pemberi kerja yaitu tetap rutin membayar iuran setiap bulan bagi pekerjanya,” Tutup Herdiansyah. (tt/vm)