08 Agt 2019
  |  
Dilihat : 104 kali

Badan Usaha Jakarta Timur Antusias Pelajari Versi Terbaru New e-Dabu

Jakarta Timur, Jamkesnews – Dalam meningkatkan optimalisasi dan kemudahan proses rekrutmen peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU), BPJS Kesehatan melakukan penyempurnaan aplikasi New e-Dabu guna mempercepat proses pendaftaran dan mutasi peserta JKN-KIS dari kepesertaan lainnya menjadi segmen PPU BU.

Penyempurnaan tersebut yaitu dari aplikasi New e-Dabu versi 4.0 menjadi New e-Dabu versi 4.2 yang akan menggantikan aplikasi New e-Dabu versi 3.1 (aplikasi e-Dabu lama). Guna menyebarluaskan informasi terkait aplikasi New e-Dabu versi 4.2, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi New e-Dabu Versi 4.2 Kepada Badan Usaha Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur di Rawamangun, Kamis (08/08).

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur Tenny Romandia mengatakan bahwa penting sekali bagi badan usaha dalam memahami aplikasi New e-Dabu versi 4.2 ini karena memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan antara lain, perubahan data langsung terproses ke dalam masterfile, pencetakan KIS Digital, rincian tagihan iuran pada bulan berjalan dan satu bulan sebelumnya.

“Penyempurnaan aplikasi New e-Dabu versi 4.2 ini tidak serta merta langsung terjadi. Sebelumnya telah dilakukan ujicoba dibeberapa kantor cabang BPJS Kesehatan sejak 1 Oktober 2018 yaitu Kantor Cabang Bekasi, Kantor Cabang Prima, Kantor Cabang Cikarang, Kantor Cabang Jakarta Selatan dan Kantor Cabang Jakarta Timur,” tambah Tenny.

Dessy Astrianti, salah satu peserta badan usaha yang hadir dalam sosialisasi tersebut ,mengatakan bahwa sebelumnya badan usaha diimbau untuk menuntaskan seluruh tiket paling lambat 31 Juli 2019 yang masih berupa aplikasi e-Dabu versi 3. Pada 1 Agustus 2019 yang lalu fitur upload data baru dan mutasi pada aplikasi e-Dabu versi 3.1 ditutup sehingga badan usaha sudah menggunakan aplikasi New e-Dabu versi 4.2.

“Terdapat beberapa mekanisme perubahan data pada aplikasi New e-Dabu 4.2 yang memudahkan badan usaha seperti, pengecekan NIK peserta untuk mengetahui apakah sudah pernah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dapat dilakukan dengan fitur pencarian NIK/Kartu Keluarga perorangan dan perubahan FKTP bagi PPU BU dapat dilakukan pada aplikasi Mobile JKN,” ujar Dessy.(PG/cp)