11 Jul 2019
  |  
Dilihat : 128 kali

BPJS Kesehatan Apresiasi Badan Usaha Yang Tepat Waktu Bayar Iuran JKN-KIS

Tenggarong, Jamkesnews - BPJS Kesehatan  memberi penghargaan kepada perusahaan yang telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang patuh membayar iuran.

Di wilayah kerja Kantor Cabang Samarinda terdapat 3 badan usaha yang mendapat penghargaan dari ribuan badan usaha yang terdaftar, di antaranya adalah PT Maju Kalimantan Hadapan, PT Kaltim Prima Coal dan PT Pupuk Kaltim.  

PT Kaltim Prima Coal dan PT Pupuk Kaltim telah beberapa kali menerima penghargaan ini, sedangkan untuk PT Maju Kalimantan Hadapan ini adalah kali pertama perusahaan perkebunan sawit di Kutai Kartanegara ini memperoleh penghargaan.

Penghargaan diberikan kepada perusahan dengan kriteria jumlah pembayaran iuran terbesar, kepatuhan penyampaian data dan pembayaran iuran tepat waktu.

Agenda ini rutin dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan setiap tahun dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan dan memberikan apresiasi kepada badan usaha yang memiliki komitmen melaksanakan kepatuhan pembayaran iuran JKN-KIS.

Penghargaan kepada PT Maju Kalimantan Hadapan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kabupaten Kutai Kartanegara BPJS Kesehatan Susan Trisiana di Tenggarong, Selasa (09/07) yang dirangkai dengan halal bi halal dan penyampaian informasi terbaru mengenai kebijakan-kebijakan terkait pembayaran iuran.

Susan mengungkapkan BPJS Kesehatan mengapresiasi badan usaha yang telah patuh dalam memenuhi kewajiban iuran JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan mengucapkan terimakasih kepada badan usaha yang telah patuh dalam penyampaian data peserta dan pembayaran iuran JKN-KIS dan yang telah turut serta berkontribusi dalam penyelenggaraan program JKN-KIS,” ungkap Susan.

Ia juga menghimbau agar pemberi kerja yang memiliki riwayat pembayaran iuran rata-rata diatas tanggal 10, agar selanjutnya dapat membayar iuran secara tepat waktu agar tidak terkendala saat digunakan.

Sementara itu perwakilan PT Maju Kalimantan Hadapan Didi Mahdi sangat antusias terhadap diberikan oleh BPJS Kesehatan karena dari ribuan badan usaha yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara PT Maju Kalimantan Hadapan terpilih untuk mendapatkan penghargaan ini.

“Saya mewakili perusahaan mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan penghargaan ini, kami merasa sangat surprise atas penghargaan ini, tentu ini patut disyukuri dan terus dipertahankan,” ungkap Didin bangga.

PT Maju Kalimantan Hadapan berkomitmen melakukan pelaporan dan pembayaran iuran JKN-KIS secara tepat waktu. "Pada dasarnya kami hanya berkomitmen kepada peraturan yang telah ditentukan dimana perusahaan mendaftarkan seluruh karyawan serta membayar iuran sesuai dengan tagihan kepada BPJS Kesehatan sebelum tanggal 10 pada setiap bulannya, karena iuran tersebut merupakan hak pekerja yang telah dipotong dari gaji mereka, sehingga tidak ada alasan untuk menunda nunda pembayaran," terang Didin kepada Tim Jamkesnews.

Dengan penghargaan ini diharapkan terus terjalin kemitraan yang baik antara BPJS Kesehatan dengan badan usaha untuk memberikan jaminan sosial kesehatan kepada pekerja, dan badan usaha terus dapat berkomitmen dalam memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan program JKN-KIS. (KA/ej)