11 Jul 2019
  |  
Dilihat : 51 kali

KEMUDAHAN PESERTA DALAM MENDAFTARKAN BAYI BARU LAHIR

Palu - Jamkesnews, Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program JKN-KIS berupaya dalam memberikan kemudahan kepada peserta terus melakukan pengembangkan sistem layanan kesehatan.

Fasilitas kesehatan yang menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara pelayanan kesehatan untuk pelaksanaan program JKN-KIS dalam hal ini Dokter Praktik Perorangan, Klinik, Puskesmas maupun Rumah Sakit juga merasakan kemudahan dari pengembangan sistem untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan bagi peserta JKN-KIS.

Pengembangan sistem yang telah dilakukan salah satunya yaitu dalam hal pendaftaran bayi baru lahir untuk peserta segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) melalui aplikasi yang ada di Rumah Sakit. Penyempurnaan aplikasi untuk pendaftaran bayi baru lahir memudahkan peserta sehingga tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran.

Penambahan fitur pada aplikasi untuk pendaftaran bayi baru lahir telah diimplementasikan di seluruh Rumah Sakit yang telah bekerjasama di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Palu sejak bulan Mei 2019.

Salah satu Rumah Sakit yang telah mengimplementasikan pendaftaran bayi baru lahir melalui aplikasi yang ada yaitu Rumah Sakit Woodward Palu. Lina (29) selaku Petugas Pengelola Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ditemui tim jamkesnews pada Rabu (10/06).

“Kemudahan aplikasi ini adalah lebih ke pesertanya yang akan mendaftarkan bayi baru lahir, peserta tidak perlu lagi ke Kantor BPJS Kesehatan karena bisa langsung kami daftarkan di Rumah Sakit. Setelah terdaftar peserta dapat langsung membayar iuran pertama dan kartu sementara untuk bayi baru lahir sudah dapat diterbitkan,”.

Terkait pengembangan sistem diatas Duta BPJS Kesehatan Cabang Palu Sulviana Tolu selaku Staf Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit menyampaikan komentarnya. “Dengan adanya penambahan fitur untuk mengakomodir pendaftaran bayi baru lahir kami telah melakukan sosialisasi kepada manajemen Rumah Sakit maupun sosialisasi kepada peserta melalui pemasangan informasi pendaftaran bayi baru lahir di setiap Rumah Sakit yang bekerjasama sehingga informasi kepada peserta dapat tersampaikan dan peserta dapat memperoleh kemudahan,” ujarnya.

Sulviana juga menambahkan terkait bayi baru lahir. “Bayi yang lahir dari peserta BPPU/BP, keluarganya tidak perlu lagi datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran guna mendapat jaminan layanan kesehatan karena pendaftaran dapat langsung dilakukan di Rumah Sakit,” tutupnya (tt/vm)