10 Jul 2019
  |  
Dilihat : 103 kali

BPBD Lombok Timur Gelar Sosialisasi dan Simulasi Damkar Bersama BPJS Kesehatan

Selong, Jamkesnews – Rabu sore (10/07), BPJS Kesehatan Cabang Selong menggelar sosialisasi dan simulasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Pada kesempatan itu, seluruh duta BPJS Kesehatan tampak antusias mengikuti simulasi yang dikhususkan pada bencana kebakaran tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan pegawai pada saat terjadi kebakaran.

Menurut Meyza Mawarila Jamil mewakili Kepala Cabang Selong dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan agar keterampilan dan kesiapsiagaan setiap pegawai yang ada di kantor cabang Selong dapat terasah mengenai kebencanaan.

“Demi keselamatan dan keamananan kita semua, penting sekali pengetahuan dan praktik tentang keselamatan dan kesehatan kerja. Kelak nantinya kita bisa lebih tanggap menghadapi situasi saat terjadi bencana, seperti kebakaran misalnya,” ungkapnya.

Sosialisasi K3 ini rupanya sangat diperlukan oleh setiap orang karena menyadari bencana tersebut dapat menjadi suatu ancaman yang bisa terjadi kapan saja. Apalagi bagi sebagian orang yang bekerja dalam lingkungan perkantoran yang kondisi gedungnya tertutup pasti sangat rentan untuk terpapar kebakaran. Oleh karena itu sebelum melakukan simulasi, Helmy Eka Saputra selaku Kasi Tanggap Darurat pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur memaparkan beberapa informasi terkait bencana kebakaran dan langkah – langkah untuk menanganinya.

“Saat memasuki gedung BPJS Kesehatan Cabang Selong ini saya melihat Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sudah terpasang di beberapa titik. Selain itu juga sudah ada jalur evakuasi yang akan menunjukkan jalan keluar bagi pengunjung ketika terjadi bencana. Persiapan alatnya pun sudah bagus dan cukup lengkap. Nanti kita coba untuk demonstrasi langsung untuk penggunaannya,” kata Helmy.

Antusiasme pegawai Kantor Cabang Selong terlihat ketika setiap dari mereka mencoba satu persatu teknik memadamkan api yang diajarkan oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar). Rupanya kegiatan ini diwujudkan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab BPJS Kesehatan terhadap keselamatan kerja pegawainya. Seperti yang dituangkan dalam peraturan Direksi BPJS Kesehatan mengenai pelaksanaan keselamatan kerja dan mitigasi risiko bencana.

“Saya sangat senang dapat berbagi informasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Selong. Melalui kegiatan ini, diharapkan agar setiap orang yang ada di kantor mulai dari pegawai, security, hingga cleaning service dapat memiliki kesadaran dan kewaspadaan akan bencana kebakaran sehingga dapat meminimalisir risiko yang terjadi,” ungkap Helmy pada akhir kegiatan. (ay/hf)