10 Jul 2019
  |  
Dilihat : 23 kali

Tingkatkan Mutu Pelayanan di RS, BPJS Kesehatan Gelar Utilization Review

Surakarta, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Surakarta bekerja sama dengan Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (KPMAK FKKMK UGM) menggelar utilization review yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di wilayah Cabang Surakarta, Selasa (09/07).

Utilization review bagian dari utilization management merupakan kegiatan untuk mengkaji, menganalisis, efektivitas, efisiensi dan mutu pemanfaatan pelayanan kesehatan. Tujuannya yakni mempersiapkan manajemen bahwa suatu kasus akan muncul sehingga dapat memonitor dengan seksama, memastikan pasien mendapatkan pelayanan semestinya dan pendataan untuk prediksi kecurangan,” kata narasumber dari KPMAK FKKMK UGM, Yulita Hendrarti.

Dia menjelaskan pencegahan kecurangan dalam rumah sakit dapat diminimalisir bahkan dicegah dengan beberapa strategi yang perlu diterapkan, diantaranya membentuk tim dan budaya anti fraud di rumah sakit untuk mengevaluasi pelayanan dan klaim BPJS Kesehatan di rumah sakit, membuat clinical pathway sebagai acuan untuk menghitung prakiraan biaya dan sumber daya yang dibutuhkan, membuat panduan klinis, sosialisasi internal terus menerus dan meningkatkan peran komite medik dan tim di rumah sakit untuk melakukan utilization review.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Surakarta Hesti Istiyanti mengungkapkan kegiatan Utilization Review ini dilaksanakan untuk membedah berbagai permasalahan yang terjadi di rumah sakit.

“Saat ini kita melaksanakan utilization review agar rumah sakit mengetahui potret keadaan rumah sakit sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu dengan biaya tetap terkendali. Selain itu, kita juga menegaskan terkait tingkat kepatuhan komitmen rumah sakit terhadap kerja sama dengan BPJS Kesehatan yang telah dijalin,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dijelaskan pula sistem terbaru yang merupakan kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan PT. Jasa Raharja yakni Integrated System For Traffic Accident (INSIDEN). Manfaat sistem ini tak hanya diperuntukkan untuk peserta, BPJS Kesehatan maupun PT. Jasa Raharja tetapi rumah sakit juga. INSIDEN memberikan informasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas secara transparan sesuai tahapan penjaminan.(ma/fs)