10 Jul 2019
  |  
Dilihat : 154 kali

BPJS Kesehatan Gandeng Kejari Tapanuli Selatan Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha

Padangsidimpuan, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan dan Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan menandatangani kesepakatan bersama (MoU) terkait penanganan masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada Selasa (09/07). Penandatanganan kesekapatan bersama tersebut dilakukan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan Lenny Marlina T. U. Manalu dan Kepala Kejaksaan Negeri Cabang Padangsidimpuan Ardian.

Lenny mengatakan, peran Kejaksaan sangat diperlukan dalam menjaga kesinambungan dan partisipasi masyarakat terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk meningkatkan kepatuhan badan usaha untuk mendaftar, membayar iuran, dan memberikan data yang valid kepada BPJS Kesehatan.

"Kerja sama BPJS Kesehatan dengan Kejari Tapanuli Selatan dilaksanakan secara  berkelanjutan, sebagai upaya bersama dalam meningkatkan efektifitas penanganan masalah hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan," katanya. 

Lenny menambahkan, pihak BPJS Kesehatan dan Kejaksaan terus berupaya untuk meningkatkan sinergi penegakan kepatuhan di Kabupaten Tapanuli Selatan. Diantaranya dengan melakukan pemanggilan dan kunjungan lapangan ke badan usaha yang membandel.

"Pada semester I tahun 2019, BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan telah menyerahkan Surat Kuasa Khusus (SKK) ke Kejaksaan untuk menindaklanjuti ketidakpatuhan tujuh badan usaha, dan 5 di antaranya telah patuh mendaftar," tambah Lenny.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Armadi menjelaskan Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan berkomitmen penuh mendukung terselenggaranya Program JKN-KIS di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. Kapan pun jika diperlukan pihak Kejaksaan siap mendampingi BPJS Kesehatan melakukan pemanggilan dan kunjungan langsung ke lapangan. 

"Sebagai pelayan masyarakat sudah seharusnya BPJS Kesehatan mendapatkan pendampingan hukum oleh pihak kejaksaan, yang telah menjadi bagian dari tugas pokok Kejaksaan dalam melakukan pendampingan. Semoga dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kinerja BPJS Kesehatan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat dengan baik," jelas Armadi. (hf/fz)