10 Jul 2019
  |  
Dilihat : 56 kali

Walikota Pemkot Sibolga Pastikan Jaminan Kesehatan bagi Tenaga Harian Lepas

Sibolga, Jamkesnews – Dalam enam tahun perjalanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, berbagai upaya tetap dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat menyadari pentingnya untuk terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi serta advokasi tentang Program JKN-KIS sebagaimana yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Sibolga terhadap Tenaga Harian Lepas (THL) seluruh instansi di wilayah Kota Sibolga, Rabu (10/07).

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Pemerintah Kota Sibolga Yasman menjelaskan apresiasinya terhadap Program JKN-KIS yang telah berjalan dengan baik di Kota Sibolga. Ia berharap agar BPJS Kesehatan serta rumah sakit di wilayah Kota Sibolga memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS tanpa ada perbedaan.

“Berkaitan dengan Tenaga Harian Lepas, dapat disampaikan bahwa Pemerintah Kota Sibolga telah menyediakan anggaran jaminan kesehatan bagi para tenaga harian lepas beserta anggota keluarganya pada tahun 2019 ini. Untuk jaminan kesehatan Tenaga Harian Lepas ini setara dengan Aparatur Sipil Negara golongan 1 dan golongan 2,” jelas Yasman.

Sementara itu, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Bukhori Muslim Sinaga menjelaskan bahwa pihaknya juga melaksanakan pengumpulan berkas Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) segmen Tenaga Harian Lepas yg bekerja di seluruh instansi di wilayah Kota Sibolga.  

“Sebagai bentuk upaya peningkatan kepuasan peserta, Pemerinta dan BPJS Kesehatan terus menciptakan berbagai kemudahan akses dengan meluncurkan inovasi seperti aplikasi Mobile JKN, sistem rujukan online, Mobile Customer Service, dan layanan pendaftaran bayi baru lahir sesuai dengan ketentuan Perpres 82 Tahun 2018,” ungkap Bukhori. 

Bukhori juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama yang yang dilaksanakan secara rutin di wilayah Kota Sibolga. (hf/ha)