09 Jul 2019
  |  
Dilihat : 214 kali

Gubernur Kepri Dukung Penuh JKN-KIS di Kepri

Tanjungpinang, Jamkesnews - Sesuai dengan amanat UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat melalui Program JKN-KIS, Pemerintah Daerah (Pemda) diharapkan ikut berperan dalam upaya peningkatan kualitas program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Program JKN-KIS pada dasarnya merupakan bentuk kewajiban pemerintah untuk memberikan kehidupan yang sehat dan sejahtera bagi masyarakatnya. Pemda dapat berperan besar dalam percepatan kepesertaan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS.

“Saya sebagai Kepala Daerah Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan, atas pelayanan sekarang semakin bagus walaupun baru berumur 5 tahun. Pemerintah akan selalu meningkatkan mutu pelayanan bagi peserta baik peserta kelas 1, 2, dan 3,” ucap Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun saat menyambut rombongan dari BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang dan Cabang Batam di Gedung Daerah Kepulauan Riau pada kegiatan audiensi, Selasa (09/07).

“Kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengutamakan kesehatan, sehingga kesehatan bisa menjadi kebutuhan utama masyarakat di Kepulauan Riau, karena masyarakat yang sehat tentu akan menciptakan masyarakat yang kuat sehingga program-program Pemerintah dapat berjalan dengan baik,” lanjut Nurdin.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Agung Utama menambahkan BPJS Kesehatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau serta stakeholder lainnya akan saling bersinergi untuk mencapai kepesertaan 100% di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur sebagai pimpinan tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau atas dukungan yang telah diberikan selama ini dalam penyelenggaraan program JKN-KIS di wilayah Kepri,” ungkap Agung.

Sampai dengan 1 Juli 2019, total kepesertaan untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang adalah 510.119 peserta, sebanyak 116.088 adalah peserta dari segmen PBI APBN, 153.660 adalah peserta dari segmen PBI APBD, 148.143 dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), 9.671 dari segmen Bukan Pekerja dan 82.557 adalah peserta dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

“Dengan kerja sama yang baik bersama pemerintah daerah dan stakeholder lainnya, kita berharap dapat meningkatkan jumlah ini, sehingga kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kepulauan Riau bisa mencapai 100%,” tutup Agung. (aw/ms)