11 Jun 2019
  |  
Dilihat : 32 kali

BPJS Kesehatan Sediakan Layanan JKN-KIS di Kelurahan Kebayoran Lama Utara

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya warga Kelurahan Kebayoran Lama utara dalam mengurus kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pada Selasa (11/06) bertempat di Kantor Kelurahan Kebayoran Lama Utara, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan membuka pelayanan Mobile Customer Service (MCS).

 Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Jakarta Selatan Desfauzi Umar mengatakan jika MCS ini bisa membantu mengurus beberapa keperluan, diantaranya pendaftaran peserta dan anggota keluarga, memperbarui data kepesertaan, mencetak kartu JKN-KIS, bahkan petugas juga akan memandu warga yang datang untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN.

“MCS ini hadir sebagai salah satu cara kami menjemput bola sekaligus memberikan  kemudahan kepada warga Kebayoran Lama Utara. Daripada warga harus berbondong-bondong datang ke kantor BPJS Kesehatan, kami yang datang mendekat kepada warga untuk pengurusan kepesertaan mereka,” ujar Desfauzi.

Menurut Desfauzi, MCS ini juga dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi Mobile JKN. Pengunduh aplikasi Mobile JKN menurut Desfauzi terus bertambah, tapi belum meningkat secara signifikan. Padahal aplikasi Mobile JKN menyajikan banyak sekali fitur-fitur bermanfaat.

“Aplikasi Mobile JKN menyediakan fitur pendaftaran peserta baru, pembaruan identitas, mengecek status kepesertaan, fitur untuk mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), fitur pengaduan, skrining kesehatan online, dan yang paling penting peserta juga dapat menggunakan fitur KIS digital,” lanjut Desfauzi.

Hadirnya MCS ini mendapatkan respon yang sangat baik dari pengunjung, salah satunya Ani. Perempuan yang bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) ini mengaku sangat senang dengan adanya MCS ini. Dirinya mengaku MCS ini membuatnya bisa lebih cepat mengurus kepesertaannya karena tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat.

“Saya juga senang karena diberikan informasi yang sangat lengkap oleh petugas mengenai berbagai hal seputar Program JKN-KIS. Malah, saya pun dipandu sampai selesai untuk meregistrasikan dan mengunduh aplikasi Mobile JKN. Setelah saya coba-coba ternyata menggunakan aplikasi ini sangat mudah, bahkan untuk orang-orang yang tidak terlalu paham teknologi seperti saya,” kata Ani.

Ani pun menyampaikan harapannya agar kegiatan MCS ini terus berjalan, terutama agar masyarakat dapat dibantu untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN. (RI/sw)