31 Mei 2019
  |  
Dilihat : 155 kali

BPJS KESEHATAN CABANG PALU SALURKAN BANTUAN KORBAN BENCANA BANJIR BANDANG SIGI

Palu – Jamkesnews, Pelaksanaan program Organization Social Resposibility (OSR) merupakan tanggung jawab sosial setiap badan usaha yang berperan serta dalam pembangunan masyarakat dan meningkatkan kualitas kehidupan serta menciptakan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai bukti kepedulian dalam mewujudkan program OSR ini BPJS Kesehatan Cabang Palu memberikan bantuan bagi masyarakat yang telah terkena bencana alam yang disampaikan melalui pemerintah setempat untuk disalurkan kepada masyarakat yang telah terkena bencana.

Bencana alam banjir bandang terjadi di Desa Bangga Kabupaten Sigi pada tanggal 28 April 2019 yang telah menyisakan lumpur setinggi 3 meter yang hampir mencapai atap rumah warga. Selanjutnya banjir bandang kembali terjadi pada Minggu lalu.

Penyerahan bantuan OSR dilakukan pada Jumat (31/05) oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu Hartati Rachim kepada Kepala Desa Bangga Haerudin dalam bentuk sembako seperti beras, minyak goreng, ikan kaleng, mie instant, gula pasir serta perlengkapan mandi.

Haerudin menjelaskan bahwa Banjir dengan kapasitas rendah terjadi menurut hitungan masyarakat berkisar 70 kali dari tanggal 28 september 2018 sejak terjadinya gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala sampai sekarang.

“Penyebab banjir ini adalah dampak dari gempa yang terjadi yang menyebabkan gunung dan dataran tinggi  Desa Bangga mengalami retak sehingga pada saat memasuki musim hujan gunung tersebut longsor yang mengakibatkan air dan tanah dari atas gunung serta air sungai yang berada diatas turun ke Desa Bangga,” ujar Haerudin.

Sampai saat ini terdapat 275 unit rumah warga rusak berat dan 51 unit rumah rusak ringan serta warga yang mengungsi hampir mencapai 2.000 Jiwa. Juga terdapat beberapa fasilitas umum yang mengalami kerusakan seperti Masjid, Sekolah, Posyandu serta Jembatan penghubung antar dusun.

Dalam penyerahan bantuan tersebut Hartati menyampaikan bantuan sembako yang diberikan mungkin tidak seberapa nilainya namun harapannya dapat membantu dan memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat dipengungsian yang terkena dampak bencana banjir bandang.

 “Saya selaku kepala Desa Bangga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan sembako yang telah kami terima dari BPJS Kesehatan Cabang Palu, sangat membantu sekali untuk masyarakat yang sedang mengungsi karena memang sembako ini yang menjadi kebutuhan masyarakat disini,” Tutur Haerudin.

“Upaya pemerintah pasca banjir bandang ini yaitu pemerintah telah melakukan tanggap bencana untuk mengeruk sungai dengan membuat ratusan ribu tanggul dari karung yang berisi pasir untuk mencegah air sungai turun ke desa, namun karena pengaruh alam yaitu hujan hal itu tidak membuahkan hasil, sehingga setelah lebaran ini pemerintah akan melakukan musyawarah untuk relokasi atau pemindahan tempat tinggal masyarakat yang terkena dampak ke lahan yang letaknya lebih tinggi,” Tutup Haerudi. (tt/vm)