31 Mei 2019
  |  
Dilihat : 456 kali

Ingatkan Warga Bayar Iuran, BPJS Kesehatan Prabumulih Bagi-Bagikan Kaos JKN-KIS

Prabumulih, Jamkesnews - Banyak cara yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih dalam meningkatkan kolektabilitas pendapatan iuran khususnya pada segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Salah satu caranya adalah dengan membagikan kaos pengingat iuran JKN-KIS kepada masyarakat secara gratis, Jumat (31/05).

Kaos yang bertemakan bayar iuran JKN-KIS tepat waktu ini sebagai pengingat masyarakat di sekitar Kota Prabumulih agar selalu membayar iuran JKN-KIS tepat pada waktunya. Hal ini dinilai cukup efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih Lasma Novita Sari mengatakan BPJS Kesehatan diberikan kewenangan untuk menjalankan fungsi collecting iuran JKN-KIS, sosialisasi melalui kaos diharapkan dapat dipakai dan dibaca oleh masyarakat Kota Prabumulih

“Bagi-bagi kaos pengingat iuran JKN-KIS secara gratis ini sebagai salah satu cara kami (BPJS Kesehatan) untuk menyosialisasikan Program JKN-KIS kepada peserta. Di kaos ini tertulis Tanggal 10 setiap bulan batas waktu pembayaran iuran JKN-KIS. Mereka yang mendapatkan kaos ini antara lain, tukang ojek, tukang becak, pedagang asongan, penjual sayur keliling yang kegiatannya tidak menetap disatu tempat,” jelas Lasma.

Lasma juga mengatakan kaos dibagikan kepada masyarakat yang kiranya memiliki mobilitas yang tinggi ataupun sering bertemu dengan warga sekitar, sehingga banyak yang membaca tulisan dikaos tersebut. Kolektabilitas iuran peserta menjadi hal yang penting dalam menunjang keberlangsungan Program JKN-KIS. Dengan cara ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar rutin membayar iuran JKN-KIS setiap bulannya.

Imam, salah satu dari warga yang menerima kaos gratis yang berprofesi sebagai tukang ojek, mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dalam melaksanakan Program JKN-KIS.

“Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena telah menolong banyak warga Kota Prabumulih yang membutuhkan bantuan. Menjadi peserta JKN-KIS memiliki banyak manfaatnya diantaranya iuran yang dibayarkan dapat menolong sesama, dan juga sebagai wadah untuk bersedekah. Semoga nanti banyak yang mengenakan kaos ini, banyak yang membacanya dan banyak yang membayar iuran JKN-KIS tepat pada waktunya,” kata Imam. (RW/df)