31 Mei 2019
  |  
Dilihat : 109 kali

BAYAR IURAN TIDAK AKAN BERAT, JIKA PAHAM MANFAAT JKN-KIS

 

Bukittinggi, Jamkesnews – Dalam memastikan pelayanan prima kepada peserta Jaminanan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS), BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi melakukan kredensialing untuk setiap fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama ataupun memperpanjang kerjasama sebagai mitra BPJS Kesehatan (re-kredensialing). Kegiatan kredensialing ini dilakukan pada Rumah Sakit Kelas D Pratama Pasaman yang telah mengajukan permohonan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, pada Jumat (31/05). Dengan adanya kredensialing ini diharapkan Rumah Sakit Kelas D Pratama Pasaman sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama dapat memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, pelayanan kesehatan serta komitmen dari FKTP tersebut untuk memberikan pelayanan prima peserta JKN – KIS.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Dewi Winelfia menyampaikan, upaya kredensialing dan rekredensialing merupakan upaya BPJS Kesehatan untuk menjaga kualitas layanan kepada peserta dan peninjauan kembali kelengkapan administrasi seperti Surat Ijin Operasional, NPWP, Surat Ikin Praktik (SIP) dan kelengkapan lainnya yang harus di penuhi fasilitas kesehatan yang ingin bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Secara keseluruhan ada tiga aspek yang harus dipenuhi oleh fasilitas kesehatan yaitu sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana dan lingkup pelayanan dan yang paling penting komitmen pelayanan. Penambahan jumlah fasilitas kesehatan perlu dilakukan untuk melayani jumlah peserta JKN – KIS yang meningkat. Untuk fasilitas kesehatan wilayah BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi saat ini telah terdaftar yang bekerjasama dengan kami sebanyak 132 fasilitas kesehatan terdiri dari Puskesmas, Klinik dan Dokter Keluarga,” ujar Dewi.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Kelas D Pratama Pasaman dr. Herman Harun menyampaikan komitmennya untuk memberikan kualitas pelayanan yang prima bagi peserta JKN – KIS. Karena pada dasarnya BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan berkewajiban memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas.

“Memang masih ada beberapa kekurangan, akan tetapi dalam waktu dekat kami akan memenuhinya. Namun kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta JKN – KIS. Semoga Rumah Sakit ini dapat berkembang dan selalu menjaga kualitas layanan kepada peserta. Sehingga Rumah Sakit kedepannya diharapkan menjadi Role Model untuk Rumah Sakit lainnya,” ujar Herman. (aw/rh)