24 Mei 2019
  |  
Dilihat : 651 kali

BPJS Kesehatan Cabang Pare-Pare Dorong Optimalisasi Peran Tim Kendali Mutu Kendali Biaya

Parepare, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Parepare melaksanakan pertemuan Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) yang dibuka langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare Sarman Palipadang. Adapun TKMKB yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah pengurus Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia dan Perawat Nasional Indonesia se Wilayah Kantor Cabang Parepare pada hari Kamis (23/5).

TKMKB merupakan suatu tim independen yang terdiri dari unsur organisasi profesi, akademisi dan pakar klinis yang dibentuk untuk pengendalian mutu dan biaya dari Program JKN-KIS.

“Adapun yang akan dibahas dalam pertemuan ini adalah terkait akreditasi adanya rumah sakit yang diputus kerja sama karena belum mempunya akreditasi, klaim pending rumah sakit masih banyak yang belum menyelesaikan proses administrasi yang menyebabkan klaim tidak dapat diproses serta pembahasan mengenai rasio rujukan dan program rujuk balik,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, ,Sarman .

Untuk meningkatkan kualitas mutu serta mewujudkan penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang efektif, efisien, berkualitas dan berkesinambungan tanpa diskriminasi, salah satunya adalah dengan terus berkoordinasi dengan Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya pada setiap Kantor Cabang di wilayah masing-masing.

Kegiatan ini diharapkan sebagai kontrol atau pengawasan sehingga dapat meningkatkan pelayanan pada peserta JKN-KIS dan diharapkan dapat membantu BPJS Kesehatan apabila ada kasus yang merugikan berbagai pihak.

“Dengan pertemuan ini kita dapat menghasilkan sebagai acuan dalam melaksanakan Program JKN-KIS di wilayah kerja Parepare” tambah Sarman.

Ketua TKMKB Cabang Parepare dr.Abd.Azis, Sp.U mengatakan akan terus membantu untuk menyukseskan Program JKN-KIS dimana tim ini adalah merupakan jembatan mediasi antara Fasilitas kesehatan dengan BPJS Kesehatan.(HJ)