15 Mei 2019
  |  
Dilihat : 47 kali

Bersinergi Antar Lembaga, Dinas Tenaga Kerja Merauke Tegaskan Akan Mendukung Peraturan Bupati

Merauke, Jamkesnews – BPJS Kesehetan Cabang Merauke bersama dengan Pemerintah Kabupaten Merauka dan stakeholder terkait, menyusun Peraturan Bupati Kabupaten Merauke untuk memperluas kepesertaan serta meningkatkan kepatuhan masyarakat, terutama bagi pemberi kerja dan pekerja. Dalam pertemuan yang dilaksanakan, Selasa (14/05) di aula kantor Dinas Tenaga kerja dilakukan pembahasan tentang tim yang akan menyusun peraturan tersebut.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Keliopas Ndiken tentang usulan pembentukan tim penyusunan peraturan Bupati yang melibatkan beberapa instansi terkait seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, SPSI, dan beberapa instansi terkait. Peraturan Bupati tersebut akan disinergikan dengan program-program lain seperti jaminan kesehatan, ketenagakerjaan, mengenai upah, dan juga hukum yang menjadi ketentuan dalam isi Peraturan Bupati itu.

“Peraturan Bupati yang nantinya akan dibuat mengacu juga kepada Peraturan Daerah Kabupaten Merauke Nomor 06 tahun 2014 tentang Ketenagakerjaan. Perkembangan ekonomi daerah yang menuju kepada kesejahteraan masyarakat,  perlu juga diperhatikan berbagai aspek guna untuk peningkatan produktivitas tenaga kerja, daya saing, perluasan kesempatan kerja, pelayanan penempatan tenaga kerja, hubungan industrial dan perlindungan terhadap tenaga kerja,” kata Keliopas.

Sementara itu dari pihak BPJS Kesehatan Cabang Merauke menambahkan bahwa untuk usulan Peraturan Bupati Merauke terkait kewajiban kepesertaan dan program BPJS Kesehatan dalam hal perizinan di kabupaten Merauke telah dibuatkan dalam bentuk draft dan siap untuk disinergikan draftnya dengan pendapat dari instansi lain untuk bersinergi dalam melayani masyarakat kabupaten Merauke.

“Tentunya draft tersebut tidak lepas dari bantuan tim koordinasi ini dan campur tangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mendukung kelancaran penyusunan Peraturan Bupati yang akan kita benahi secara bersama-sama,” kata Kepala Bidang SDMUKP BPJS Kesehatan Merauke, Itar Prihartono.

Dari pertemuan tersebut diakhiri dengan penyusunan panitia dan pembagian tugas dari masing-masing instansi yang hadir guna untuk penyusunan Peraturan Bupati Kabupaten Merauke (TR/ds)