14 Mei 2019
  |  
Dilihat : 57 kali

BPJS Kesehatan Rekrut PT Pos (Persero) Distribusikan KIS PBI APBN Kepada Masyarakat

Sampit, Jamkesnews - Untuk melakukan optimalisasi pengiriman Kartu Indonesia Sehat (KIS) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN kepada masyarakat yang berhak (end user), BPJS Kesehatan menggelar pertemuan bersama dengan PT Pos (Persero) Cabang Sampit dan PT Pos (Persero) Cabang Pangkalan Bun, Senin (13/05).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sampit ini dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Adrielona JMS, Kepala PT Pos (Persero) Cabang Sampit Hamid Wahidin dan Kepala PT Pos (Persero) Cabang Pangkalan Bun Hendrik Firmansyah.

Kegiatan koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk memantapkan kerjasama yang salama ini telah terjalin serta untuk melakukan edukasi dan evaluasi bersama terkait dengan kendala-kendala yang dihadapi agar pengiriman kartu KIS PBI APBN kepada end user bisa berjalan dengan lancar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Adrielona JMS dalam sambutannya menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi dan terimakasih kepada PT Pos (Persero) yang telah bekerja dengan sangat baik melakukan pendistribusian KIS sampai dengan End user. Adrielona Juga menambahkan bahwa identitas peserta atau KIS merupakan hak peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sehingga harus dikirimkan langsung kepada peserta yang berhak.

“Kami sangat mengapresiasi terhadap kinerja PT Pos (Persero) yang selama telah bekerja dengan sangat baik untuk melakukan pendistribusian Kartu KIS PBI APBN kepada masyarakat," ujar Adrielona.

Sementara itu, Kepala PT Pos (Persero) Cabang Pangkalan Bun Hendrik Firmansyah dalam diskusinya menyampaikan bawah pihaknya sangat berkomitmen untuk membantu BPJS Kesehatan dalam hal pendistribusian KIS. Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan intens berkoordinasi kepada BPJS Kesehatan ketika menemukan kendala-kendala di lapangan sehingga KIS bisa sampai ke tangan masyarakat dengan cepat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan masyarakat pun bisa memanfaatkanya. Hendrik menambahkan, bahwa untuk beberapa di wilayahnya yang belum terdapat perwakilan PT Pos (Persero), pihaknya telah bekerjasama dengan instansi pemerintah dan juga bekerja sama dengan pihak pemerintah desa dengan membentuk Pos desa dimana dengan Pos Desa ini, PT Pos (Persero) bisa melakukan pengiriman KIS sampai dengan End user yang dilakukan secara priodik.

“Kita bekerja sama dengan instansi pemerintah dan membentuk pos desa untuk wilayah yang memang belum ada perwakilan PT Pos (Persero) di wilayah-wilayah tertentu, diharapkan dengan adanya hal ini KIS yang didistribusikan bisa sampai dan diterima masyarakat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” tuturnya.

Sampai dengan 2019 ini, BPJS Kesehatan melalui PT Pos (Persero) telah mendistribusikan KIS untuk 4.905 kepala keluraga yang dibagikan di lima wilayah kerja yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara. (KA/tr)