13 Mei 2019
  |  
Dilihat : 52 kali

Tingkatkan Kepatuhan, BPJS Kesehatan Cabang Denpasar Gelar Forum Kepatuhan Dan MOU Dengan Kejaksaan

Tabanan, Jamkesnews – Dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  BPJS Kesehatan memerlukan peran serta dari Kejaksanaan Negeri untuk meningkatkan kepatuhan dari badan usaha atau pemberi kerja.

Sehubungan dengan hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Denpasar kembali melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama yang disertakan Forum Koordinasi Pengawasan Pemeriksaan Kepatuhan Kabupaten Tabanan Tahun 2019 bersama  Kejaksaan Negeri Tabanan di Tabanan pada Senin (13/05).

“Kita membutuhkan strategi-strategi baru selain sosialisasi seperti canvasing langsung agar para pemberi kerja ini memberikan data yang lengkap, kami dari Kejaksaan Negeri akan lebih fokus dan berkomitmen terhadap pendataan kepesertaan dari peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU),” ungkap Sinaryati di awal sambutannya.

Kesepakatan Bersama ini merupakan sinergi dari BPJS Kesehatan Cabang Denpasar dengan Kejaksaan Negeri Tabanan yang diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah kepesertaan dari segmen PPU Badan Usaha yang belum terdaftar JKN-KIS.

“Terkait optimalisasi perluasan cakupan kepesertaan segmen PPU Badan Usaha, kami mohon dukungan dari berbagai pihak yang salah satunya adalah dari Dinas Penanaman Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tabanan melalui data potensial untuk selanjutnya akan dilakukan canvassing / kunjungan oleh petugas BPJS Kesehatan,” cetus Parasamya

Parasamya menambahkan selain PTSP juga diperlukan dukungan dari Dinas Koperasi yang mewajibkan seluruh pengurus dan pengelola koperasi terdaftar dalam Program JKN dan penyempurnaan SOP di perijinan yang mewajibkan Badan Usaha melampirkan sertifikat saat perpanjangan ijin atau surat kesanggupan mendaftar saat pengurusan ijin baru.

“Dibutuhkan kerjasama antara Kejaksaan Negeri, BPJS Kesehatan dan Dinas terkait untuk tetap berkoordinasi intens dan bersikap tegas terhadap Badan Usaha yang tidak melaksanakan kewajibannya dalam hal pendaftaran, penyampaian data lengkap dan benar serta pembayaran iuran, karena hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama” ujar Sinaryati, Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan.

Pada kesempatan ini juga turut diberikan piagam penghargaan kepada Kejaksaan Negeri Tabanan atas dukungannya terhadap Program JKN yang diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar Parasamya Dewi Cipta kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan Ni Wayan Sinaryati.

“Terkait integritas, kami dari BPJS Kesehatan menghimbau untuk semua pihak agar tidak memberikan gratifikasi dalam bentuk apapun kepada Duta BPJS Kesehatan, ucap Parasamya.

Di akhir acara, Sinaryati turut menambahkan jika ia sangat mengapresiasi hal ini, dikarenakan lingkungan Kejaksaan Negeri juga telah menerapkan hal tersebut untuk mendukung program Wilayah Bebas Korupsi (WBK). (ay/ek)