13 Mei 2019
  |  
Dilihat : 56 kali

Jangkau Generasi Milenial, BPJS Kesehatan dan Radar Tarakan Bersinergi Dalam Program Baru

Tarakan, Jamkesnews BPJS Kesehatan dan Radar Tarakan bersinergi dalam program terbaru berjudul Penasaran atau “Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan”. Program ini memanfaatkan media sosial milik salah satu media terbesar di Tarakan ini sebagai sarana sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada masyarakat khususnya kepada generasi milenial sebagai pengguna aktif media sosial.

Generasi milenial adalah sebuah istilah yang populer menggantikan istilah Generasi Y (Gen Y). Menurut para peneliti sosial, Gen Y atau generasi milenial ini lahir pada rentang tahun 1980-an hingga 2000. Dengan kata lain, generasi milenial ini adalah anak-anak muda yang saat ini berusia antara 18-38 tahun. Generasi ini Iahir di saat era tercanggih teknologi internet semakin masif digunakan, terutama dalam pemanfaatan media sosial sebagai platform komunikasi dan bersosialiasi.

“Melihat perkembangan zaman dengan banyaknya platform media sosial yang berkembang dan penggunanya yang kian bertambah, menjadi alasan kami dalam menghadirkan program ini sebagai sebuah inovasi dalam mensosialisasikan Program JKN-KIS. Selain selama ini kami juga telah melakukan sosialisasi baik secara langsung kepada masyarakat, maupun melalui media cetak dan elektronik,” tutur Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tarakan Wahyudi Putra Pujianto saat ditemui, Jumat (10/5).

Wahyudi menjelaskan, program Penasaran ini menyediakan wadah bagi perserta JKN-KIS yang berada di wilayah Kalimantan Utara dapat menyampaikan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan Program JKN-KIS. Tema yang dibahas akan berbeda setiap episodenya dan akan dibagikan melalui official account youtube, facebook dan instagram Radar Tarakan. Jadi, setiap peserta yang ingin menyampaikan pertanyaan wajib mengikuti official account Radar Tarakan.

“Nantinya setiap pertanyaan tersebut akan dijawab melalui sebuah video yang akan diunggah ke media sosial Radar Tarakan setiap hari senin dan akan tayang dua kali dalam seminggu. Tentunya pertanyaan-pertanyaan itu dijawab langsung oleh BPJS Kesehatan Cabang Tarakan sebagai penyelenggara program JKN-KIS di wilayah Kalimantan Utara,” jelasnya.

Hingga saat ini ini program Penasaran telah menayangkan dua episode yang membahas tentang bayi baru lahir dan cara melakukan perubahan data kepesertaan. Masyarakat sudah dapat menyaksikannya melalui akun youtube Radar Tarakan di Radar Tarakan Official.

“Melalui program ini diharapkan informasi tentang Program JKN-KIS dapat diakses oleh masyarakat secara masif. Selain itu, dengan program ini juga diharapkan dapat meng-counter isu-isu hoax yang biasanya berkembang sangat cepat melalui media sosial,” tutupnya. (OM)