13 Mei 2019
  |  
Dilihat : 40 kali

Penderita Penyakit Kronis Bisa Manfaatkan Layanan PRB dan Prolanis

Lubuklinggau, Jamkesnews – Dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan efisien kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mengencarkan Program Rujuk Balik (PRB) dan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau Aida menjelaskan, kedua program ini hadir untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS untuk mengakses pelayanan kesehatan dan juga untuk mengelola penyakit kronisnya.

"Program ini merupakan program integrasi antara kegiatan promotif, prefentif dan rehabilitatif yang bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan apotek mitra BPJS Kesehatan," kata Aida, Senin (13/05).

Ia menerangkan, PRB adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di FKTP atas rekomendasi/rujukan dari dokter spesialis/sub spesialis yang merawat. Sedangkan Prolanis  yaitu suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

“Kedua program ini ditujukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada peserta JKN-KIS. Peserta yang sudah termasuk program ini nanti untuk pengambilan obatnya bisa di apotek saja tidak perlu ke rumah sakit. Jadi lebih memudahkan peserta,” jelas Aida.

Aida menambahkan peserta JKN-KIS yang bisa mengikuti program ini yaitu peserta JKN-KIS yang dinyatakan sudah stabil kondisinya tetapi masih memerlukan pengobatan dan perawatan jangka panjang. Peserta kedua program ini nantinya juga akan mendapatkan edukasi dan informasi, konsultasi tentang penyakit, pemeriksaan laboratorium serta pemantauan kesehatan rutin oleh dokter di FKTP.

Untuk meningkatkan pelayanan PRB dan Prolanis, selain bekerja sama dengan Apotek Sehat dan Apotek Kimia Farma, BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau juga bahkan manambah apotek yang bekerja sama yaitu Apotek Cordova.

Salah satu dokter FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Sutikno, mengapresiasi kehadiran PRB dan Prolanis ini. Menurutnya program ini sangat membantu dan bermanfaat serta memudahkan Peserta JKN-KIS.

“Program PRB ini memang tujuannya sangat baik karena untuk kepatuhan pesertanya itu sendiri agar mengonsumsi obat rutin dan sangat menolong sekali karena pesera yang ikut program nyatanya bisa stabil. Bayangkan saja kalau tidak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS berapa biaya yang dipakai untuk menebus obat rutin setiap bulannya. Pasti akan sangat besar biayanya," ungkap Sutikno. (RW/na)