15 Apr 2019
  |  
Dilihat : 26 kali

Unduh Mobile JKN Saat Santai Akhir Pekan ? Kenapa Nggak?

Serang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Serang secara rutin mengadakan Mobile Customer Service (MCS) di kawasan Car Free Day (CFD) di wilayah Kota Serang, tepatnya di area alun-alun Kota Serang, pada Minggu (14/04). Pelayanan yang dapat dilakukan di MCS ini antara lain layanan pendaftaran, pembayaran iuran, pelayanan administrasi, pemberian informasi serta unduh aplikasi Mobile JKN.

Promosi dan sosialisasi terkait aplikasi Mobile JKN kerap dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Serang, hal ini ditenggarai karena aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan dan fitur didalamnya dikemas menarik, simpel, namun memiliki fasiitas lengkap sehingga membantu peserta JKN-KIS untuk memperoleh informasi karena fiturnya yang lengkap mulai pendaftaran peserta sampai pengaduan pun dapat di akses melalui aplikasi ini.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Serang Agung Adhi Putra mengatakan bahwa aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif yang dilakukan di Kantor Cabang, kini semua kebutuhan tersebut dapat diakses melalui handphone kapanpun dimanapun.

Banyak fitur yang disediakan dalam Mobile JKN, di antaranya informasi kepesertaan, informasi tagihan iuran, informasi pembayaran iuran, informasi riwayat pelayanan, informasi terkait Info JKN, informasi alamat Faskes, kartu KIS Digital, yang tak kalah penting peserta juga dapat melakukan pengubahan data peserta atau perpindahan fasilitas kesehatan, skrining kesehatan sampai pengaduan keluhan peserta pun dapat disampaikan melalui aplikasi ini.

“Aplikasi Mobile JKN ini dapat kita diunduh pada mobile phone berbasis Android atau IOS melalui Google Playstore dan Apple Store. Jadi peserta cukup unduh, tak perlu repot Kantor BPJS Kesehatan lagi,” seru Agung.

Agung menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyempurnakan pelayanannya di Mobile Customer Service tersebut.

"Ke depan kita akan buka pelayanan pencetakan KIS bagi peserta. Karena untuk MCS kami saat ini hanya melayani pendaftaran saja atau perubahan data peserta. Sementara cetak kartunya masih dilakukan di Kantor Cabang," tambahnya.

Hingga 1 April 2019 jumlah Peserta JKN-KIS di wilayah kerja Kantor Cabang Serang telah mencapai 4.402.989 jiwa dan untuk memastikan seluruh peserta JKN-KIS terlayani secara optimal BPJS Kesehatan Cabang Serang bekerja sama dengan 286 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 18 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dan 6 Optik. (FR/mj)