14 Apr 2019
  |  
Dilihat : 540 kali

Tingkatkan Layanan Rujukan, Jalin Kerja Sama Dengan Klinik Utama

Luwuk, Jamkesnews - BPJS Kesehatan merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya maupun masyarakat umum.

Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu indonesia Sehat (JKN-KIS), adalah program unggulan pemerintah sesuai UU No. 24 Tahun 2011 yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dan mulai beroperasi sejak  1 Januari 2014.

Demi menjalankan tugas ini BPJS Kesehatan terus berbenah untuk meningkatkan layanan kepada pesertanya, salah satunya bekerja sama dengan Klinik Pratama Nur Medika yang awalnya merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama kemudian per 1 April 2019, mengikrarkan diri menjadi Klinik Utama Nur Medika yang merupakan fasilitas  kesehatan tingkat rujukan agar peserta lebih mudah untuk mendapatkan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kepuasan peserta, salah satunya melakukan kerja sama dengan klinik utama agar peserta memiliki pilihan dalam melanjutkan pengobatannya, semoga dengan bergabungnya klinik utama Nur Medika kepuasan peserta terus meningkat” tutur Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Luwuk, Arif Sugiharto. Sabtu (13/04).

Ernita Kamindang selaku pimpinan klinik utama Nur Medika yang berprofesi sebagai dokter ahli penyakit dalam  mengungkapkan, “ Senang bisa menjadi bagian dalam memberikan pelayanan pada peserta JKN-KIS dan dalam membangun kerjasama bersama BPJS Kesehatan sangat welcome terhadap faskes yang mau bekerjasama”.

Klinik Nur Medika sebelumnya telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Luwuk dengan status sebagai klinik pratama yang melakukan pelayanan kesehatan tingkat pertama. Namun setelah dilakukan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana serta SDM, maka Klinik Nur Medika meningkatkan statusnya sebagai Klinik Utama. BPJS Kesehatan kantor cabang Luwuk bersama dinas kesehatan kabupaten banggai melakukan Kredensialing pada tanggal 12 maret 2019, dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama, sehingga dapat melakukan pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut.

Kredensialing sendiri merupakan proses penilaian yang dilakukan terhadap calon fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Klinik Nur Medika  beralamat di Jalan Tanjung Santigi No. 1A Kelurahan Jole Kecamatan Luwuk Selatan.

“Kerjasama dengan BPJS sudah menjadi bagian dari perkembangan pelayanan kesehatan di Indonesia yang harus kita dukung dan memberikan pelayanan terbaik untuk peserta JKN-KIS di kabupaten Banggai. Semoga dengan kerjasama ini bisa memberikan altenatif pelayanan spesialis lainnya selain Rumah Sakit. Sehingga bisa memacu untuk saling memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta,” tutur Ernita.

“Pada saat ini BPJS Kesehatan Kantor Cabang Luwuk telah menjalin kerja sama dengan 8 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat lanjut yang terdiri dari 7 Rumah Sakit dan 1 Klinik Utama, serta telah menjalin kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang terdiri dari 79 Puskemas, 9 Klinik Pratama Swasta, 2 Rumah Sakit Tipe D Pratama, 4 Klinik Polres, dan 1 Klinik TNI,” tambah Arif Sugiharto.(uk/jh).