13 Apr 2019
  |  
Dilihat : 120 kali

BPJS Kesehatan Berikan Public Health Lecture pada Mahasiswa Pasca Sarjana

Banda Aceh, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh diundang untuk memberikan Public Health Lecture Series atau Kuliah Umum Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan Program Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadyah Aceh di Banda Aceh, Sabtu (13/04). Kuliah umum yang mengangkat tema Peran BPJS Kesehatan dalam Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Kepada Masyarakat Indonesia ini dihadiri puluhan dosen dan mahasiswa pasca sarjana.

“Visi dari BPJS Kesehatan adalah terwujudnya jaminan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi, artinya setiap orang memiliki persamaan hak atas perlindungan kesehatannya. Mulai dari dirinya menjadi peserta JKN-KIS ia berhak mulai dari untuk mendapatkan informasi sampai dengan berhak mendapatkan jaminan manfaat kesehatan sesuai ketentuan,” ungkap Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh T. M. Afandy dalam kuliah umum tersebut.

Ia menambahkan, ada 3 alasan pentingnya menjadi peserta JKN-KIS yaitu yang pertama sebagai upaya protection yang artinya memberikan perlindungan kesehatan terutama jika terkena penyakit yang berbiaya mahal. Alasan kedua, kita telah membantu (sharing) yang sakit jika diri kita tetap sehat, dan alasan terakhir yaitu compliance yang artinya sebagai warga negara yang baik, kita telah melaksanakan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan karena JKN-KIS merupakan amanat dari undang-undang yang harus ditaati.

“Saat ini jumlah pemanfaat JKN-KIS di Aceh selama 4 tahun dari berbagai segmen kepesertaan selalu mengalami peningkatan. Harapan kita bersama dengan upaya promotif dan preventif dapat menurunkan angka masyarakat yang sakit sehingga masyarakat yang sehat tetap sehat dan yang sakit tidak bertambah parah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pusat Kajian dan Penelitian Kesehatan Masyarakat (PKPKM) Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadyah Aceh Aulina Adamy mengatakan bahwa kuliah umum ini sudah yang ke 15 kali diadakan dan merupakan kuliah yang paing ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa karena menghadirkan narasumber eksternal yang berkompeten di bidangnya.

“Diharapkan dengan hadirnya BPJS Kesehatan pada kuliah umum hari ini dapat menambah pengetahuan yang nantinya akan mendukung penelitian para mahasiswa untuk menyelesaikan tesis atau tugas akhirnya,” kata jebolan Doktor pada University Science of Malaysia (USM), Penang, Malaysia ini. (hf/rq)