12 Apr 2019
  |  
Dilihat : 26 kali

Pemberi Kerja Harus Patuhi Regulasi, Daftarkan Pekerjanya ke JKN-KIS

Sampit, Jamkesnews - Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan salah satu program srategis nasional dimana kepesertaannya bersifat wajib bagi seluruh penduduk Indonesia dan juga Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia. Pentingnya program JKN-KIS bagi pemberi kerja, karyawan dan masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Sampit hadir untuk mensosialisasikan program tersebut pada kegiatan Talk Show Ketenagakerjaan pada kegiatan Sampit Job Fair 2019, Kamis (11/04).

Kegiatan yang bertajuk Let’s Work For a Better Future Industri 4.0 mengadakan diskusi dan tanya jawab terkait dengan Ketenagakerjaan pada malam pembukaan Sampit Job Fair. Acara ini dihadiri oleh staf ahli Kementrian Tenaga Kerja Irianto Simbolon, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Timur Heru Rio Wibisono, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Adrielona JMS, dan jajaran pimpinan perusahaan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kegiatan diskusi ini membahas permasalahan ketenagakerjaan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, terkait dengan perekrutan, penempatan hingga jaminan sosial tenaga kerja.

Staf Ahli Kementrian Tenaga Kerja Irianto Simbon menyampaikan apresiasi terkait dengan kegiatan tersebut dengan adanya penerimaan tenaga kerja maka pertumbuhan ekonomi otomatis akan meningkat karena mengurangi pengangguran dan kemiskinan. 

“Masyarakat agar bisa memanfaatkan kesempatan yang ada dan juga untuk selalu meningkatkan pengetahuan sesuai dengan perkembangan tekhnologi. Kepada pemberi kerja harus patuhi regulasi, daftarkan pekerjanya ke jaminan sosial dan juga patuh terhadap kepesertaan BPJS, Kini dengan adanya Online Single Submission (OSS) pelaku usaha akan lebih dipermudah dalam melakukan pengurusan perijinan usahanya,” ujar Irianto.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sampit Adrielona JMS dalam paparannya menyampikan bahwa program JKN-KIS adalah program yang sangat penting bagi seluruh penduduk Indonesia, kepesertaannya bersifat wajib termasuk para pemberi kerja dan juga karyawan. Jaminan Kesehatan merupakan hak karyawan yang wajib diberikan oleh pemberi kerja. Adrielona juga mengapresiasi kepada pengusaha yang ada di kabupaten Kotawaringin Timur yang telah patuh terhadap kepesertaan program JKN-KIS. Adrielona menambahkan, dengan terdaftar sebagai program JKN-KIS berarti kita telah mematuhi peraturan perundang-undangan, gotong royong dan juga proteksi terhadap kesehatan karena sakit bisa datang kapan saja.

“Oleh karena itu, program JKN-KIS merupakan program yang sangat penting sehingga semua penduduk wajib terdaftar dalam program ini,” tutup Lona. (KA/tr)