12 Apr 2019
  |  
Dilihat : 13 kali

Pemkab Humbang Hasundutan Siap Kejar Cakupan Kesehatan Semesta

Humbang Hasundutan, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Sibolga menggelar kegiatan Forum Kemitraan dan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (11/04). Kegiatan ini merupakan pertemuan yang dilaksanakan sebagai sarana komunikasi antara BPJS Kesehatan dengan stakeholder-nya di tingkat kabupaten/kota.

Pada kegiatan ini, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rudhy Suksmawan Hardhiko menyampaikan bahwa kegiatan pertemuan yang cukup rutin dilaksanakan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara para pemangku kepentingan yang mempunyai peranan terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari Pemerintah Daerah Humbang Hasundutan yang telah mendukung Program JKN-KIS, sehingga peserta JKN-KIS di Humbang Hasundutan sudah mencapai 75% per tanggal 31 Maret 2019.

“Dari data terakhir, jumlah penduduk Kab. Humbang Hasundutan Agregat semester I tahun 2018 berjumlah 194.704 jiwa. Sedangkan secara keseluruhan dari sistem aplikasi kepesertaan di BPJS Kesehatan peserta yang terdaftar sampai dengan 31 Maret 2019, berjumlah 145.290 jiwa. Kalau secara persentasenya sekitar 75%. Ini berarti kerja keras kita belum selesai, karena jumlah peserta yang dibutuhkan untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) adalah 42.000 jiwa sehingga secara persentase 96%,” terang Rudhy.

Ia menerangkan, sinergi antara BPJS Kesehatan dengan para pemangku kepentingan merupakan hal yang sangat signifikan. Terlebih keberadaan dan keberlangsungan Program JKN-KIS ini sangat bergantung kepada awareness seluruh stakeholder terkait tentang program ini.

"Tidak mungkin BPJS Kesehatan yang bergerak sendiri. Itulah landasan utama kegiatan forum pemangku kepentingan ini digelar, agar terjalin komunikasi dan koordinasi antara para stakeholder  yang terlibat di Program JKN-KIS. Sehingga segala bentuk permasalahan yang ada di lapangan dapat kita carikan solusinya, dan mungkin saja dari pertemuan tersebut diperoleh beberapa terobosan baru yang mungkin dapat meningkatkan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS,” ujar Rudhy.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Daerah Humbang Hasundutan dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mendukung kegiatan Forum Kemitraan dan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan ini. Makdi juga menyampaikan dukungannya terhadap Program JKN-KIS untuk mewujudkan UHC di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan pada tahun 2019.

“Kegiatan forum ini menurut saya sangat bagus karena melibatkan dinas serta instansi yang saling berkaitan, hal yang dibahas juga merupakan program yang sifatnya nasional dan ada output yang jelas,” ujar Makdin.

Turut hadir dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan pada kegiatan ini di antaranya  Asisten I, Makdin Sihombing, Ketua Komisi I DPRD, Bresman Sianturi, Plt. Kepala Dinas Dukcapil, Augus Marbun, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Hasundutan Jonny Gultom, Kepala Dinas Sosial, Paiman Purba, Direktur RSUD Doloksanggul, Sugito Panjaitan serta beberapa jajaran perwakilan dari masing-masing stakeholder terkait. 

(hf/ha)