12 Apr 2019
  |  
Dilihat : 70 kali

BPJS Kesehatan Wamena Perkuat Sinergi Lewat Forum Komunikasi & Forum Kemitraan Kabupaten Lanny Jaya

Wamena, Jamkesnews Koordinasi lintas sektoral terkait pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) harus terjalin baik. Sinergi kuat tercipta melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan Forum Komunikasi dan Kemitraan Para Pemangku Kepentingan Utama yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Wamena di Kabupaten Lanny Jaya, Kamis (11/04/19). Dalam kegiatan ini perumusan kerjasama yang strategis, diskusi seputar permasalahan yang timbul serta penanganannya, menjadi pembahasan wajib yang bertujuan untuk mewujudkan pemahaman yang sama dalam upaya mendukung suksesnya Program JKN-KIS.

“Program ini seperti yang kita ketahui bersama merupakan Program JKN-KIS yang menjadi salah satu andalan atau program strategis pemerintah dalam hal meningkatkan kualitasi hidup manusia utamanya dalam hal penjaminan kesehatan masyarakat. Untuk Lanny Jaya ini  sudah sekitar 95 % lebih terdaftar sebagai peserta JKN KIS. Walau demikian, dilapangan masih ada tantangan yang muncul contohnya kepemilikan identitas yang masih sangat rendah,contohnya kepemilikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) oleh masyarakat yang akan berdampak kepada akses pelayanan kesehatan.Hal tersebut menjadi tantangan bagi kita untuk bersama-sama mencari jalan keluarnya,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Ivan Ravian.

Untuk Kabupaten Lanny Jaya sendiri memiliki 1 rumah sakit  yaitu Rumah Sakit Tiom. BPJS Kesehatan Wamena berharap dengan adannya komitmen yang baik serta pembenahan yang dilakukan oleh RSUD Tiom baik dari segi SDM maupun sarana prasarana untuk menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Lanny Jaya sehingga segera dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang  tentunya sesuai dengan mekanisme seleksi fasilitas kesehatan.

“Terimakasih BPJS Kesehatan yang bisa melakukan 2 kegiatan yang berbeda yaitu forum komunikasi dan forum kemitraan.BPJS Kesehatan sampai hari ini statusnya adalah lembaga di Indonesia yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan program jaminan kesehatan, semua masyarakat pasti berkaitan dengan masalah kesehatan karena itu ketika pertemuan itu rutin dilakukan maka BPJS Kesehatan makin mengerti dan paham masalah kondisi  kesehatan di Kabupaten Lanny Jaya dan kita juga bisa memberikan informasi kepada teman-teman di BPJS Kesehatan,” ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait.

Ia menambahkan pertemuan ini sekaligus juga BPJS Kesehatan dapat melihat perkembangan kesehatan yang ada di Lanny Jaya baik di Puskesmas maupun di RSUD .Oleh karena itu forum tersebut dirasa sangat menolong untuk bersama-sama melihat kondisi yang terjadi di lapangan. Apalagi forum tersebut dihadiri oleh seluruh OPD yang memberikan kontribusi  untuk kelangsungan Program JKN-KIS.

Ia juga berharap secara bertahap semua masyarakat di Lanny Jaya suatu saat terjamin seluruhnya.

“Kehadiran BPJS Kesehatan menolong semua orang makin sehat, itu yang penting, dan pelayanan bagi pemberi layanan kesehatan dalam hal ini petugas-petugas kesehatan baik dokter,perawat,bidan mereka juga kita jamin bahwa mereka kerja dengan nyaman, alat-alat yang digunakan juga semakin tercukupi,” tutupnya. (TR/aa)