14 Mar 2019
  |  
Dilihat : 48 kali

BPJS Kesehatan Pastikan Kartu JKN-KIS Diterima Warga yang Berhak

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Dalam rangka memastikan setiap Kartu Indonesia Sehat (KIS) diterima oleh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berhak, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan menggelar spot check ke seluruh kecamatan dan kelurahan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Ditemui ketika melepas petugas yang melakukan spot check, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan Sudarto mengatakan jika kegiatan ini sebagai bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk memastikan kartu JKN-KIS sampai pada pemiliknya yang benar dan menghindari terjadinya penyalahgunaan kartu JKN-KIS.

“Setiap harinya dari tanggal 17 Februari lalu, petugas kami terus melakukan spot check. Berbekal data sampel yang diterima dari kantor pusat kami pun mendatangi warga dan mengecek apakah kartu JKN-KIS sudah sampai di tangan penerimanya yang berhak atau belum. Kami juga memastikan keabsahan data penerima kartu JKN-KIS,” ujar Sudarto, Kamis (14/03).

Sudarto juga menambahkan, target sampling untuk kegiatan spot check ini adalah sebanyak 180 Kepala Keluarga. Dari target itu, sampai hari ini telah tercapai lebih dari setengahnya yang telah dikunjungi dan divalidasi. Hasil dari kunjungan dan validasi tersebut untuk sementara ini adalah kartu JKN-KIS untuk wilayah Jakarta Selatan sudah diterima oleh peserta yang benar.

“Tentunya, hasil tersebut belum final. Kami terus melakukan kunjungan sesuai dengan target data sampling yang diberikan sehingga dapat kami pastikan seluruh peserta JKN-KIS di Jakarta Selatan mendapatkan haknya atas kepemilikan kartu JKN-KIS,” tambah Sudarto.

Kegiatan ini pun mendapatkan respon yang positif dari warga setempat, salah satunya Haeroni. Perempuan berusia 70 tahun ini mengucapkan terima kasih karena BPJS Kesehatan begitu peduli pada hak pesertanya untuk mendapatkan kartu JKN-KIS.

“Saya sangat senang, karena hak saya dan peserta lain benar-benar diperhatikan oleh BPJS Kesehatan. Saya memang sudah mendaftarkan diri saya sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Tadinya saya sempat khawatir kartu saya tidak akan datang, karena mendengar kabar jika banyak kartu JKN-KIS yang tidak sampai ke pemiliknya. Tapi ternyata, selang satu bulan saya mendaftar kartu pun datang. Saya pun merasa tenang karena ada petugas BPJS Kesehatan datang untuk memastikan kartu JKN-KIS sampai ke tangan saya,” ungkap Haeroni. (RI/sw)