14 Mar 2019
  |  
Dilihat : 72 kali

Kepala Dusun Pelosok Ini Apresiasi Kunjungan BPJS Kesehatan

Sukabumi, Jamkesnews - Untuk memastikan pendistribusikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada peserta segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) sudah tepat sasaran, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi melakukan spot check di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, Rabu (13/05).

Spot check ini dilaksanakan setiap hari dengan sasaran distribusi KIS PBI JK periode tahun 2018, di seluruh kelurahan dan desa-desa. Selain memastikan KIS diterima oleh yang berhak, kami juga memastikan datanya sesuai dengan data kependudukan,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Achmad Sanusi Budi Permana saat mengunjungi wilayah Desa Puncak Manggis Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi.

Edukasi seputar Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) juga tak lupa Budi lakukan. Informasi-informasi terkini  disampaikan oleh Budi untuk lebih membuka wawasan masyarakat mengenai JKN-KIS yang sebelumnya mereka kurang pahami. Ada pula masyarakat yang menyampaikan kendala saat mereka menggunakan KIS, hal ini bagi Budi justru baik disampaikan sebagai bentuk feedback langsung masyarakat untuk penyelenggaran JKN-KIS yang lebih baik lagi.

"Kami senang menerima masukan dan saran dari masyarakat. Tentu harapan kami saran dan masukan tersebut dapat menjadi peningkatan layanan ke depannya," ungkapnya.

Di salah satu dusun di Desa Puncak Manggis Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi yang dikunjungi, Kepala Dusun Ciputat Dili Supriadi yang menemani Budi mengapresiasi kegiatan spot check ini. Walaupun harus menempuh jarak yang lumayan jauh dari rumah peserta satu ke peserta yang lain tidak menyurutkan semangat keduanya.

“Menurut saya bagus BPJS Kesehatan langsung mengecek kesesuaian penerimaan KIS peserta PBI JK ini, supaya bisa menghindari penggunaan KIS oleh orang- orang yang tidak berhak,” ungkap Dili.

Selain melaksanakan spot check, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi juga menyediakan layanan Mobile Customer Service (MCS). Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan seperti update dan perubahan data yang dibutuhkan, mengingat lokasi tinggal mereka yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan terdekat. (JS/ne)