13 Mar 2019
  |  
Dilihat : 61 kali

Layanan Autodebet Mudahkan Peserta Bayar Iuran JKN-KIS

Kebumen, Jamkesnews - Dengan hadirnya sistem autodebet, peserta JKN-KIS kini tidak perlu khawatir lupa membayar iuran bulanannya. Sistem ini merupakan solusi yang tepat untuk peserta yang sibuk sehingga kadang lupa membayar iuran JKN KIS.

“Melalui sistem autodebet, kini peserta tidak perlu khawatir lupa membayar iuran, karena bank secara otomatis akan menarik saldo tabungan sebesar tagihan iuran JKN-KIS dari rekening peserta. Jadi peserta tidak perlu mengingat-ingat kapan harus membayar iuran lagi. Saat ini BPJS Kesehatan telah bermitra dengan empat bank untuk pelayanan autodebet, yaitu bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen Wahyu Giyanto, ketika berkunjung ke BRI Cabang Kebumen, Rabu (13/03).

Pada kunjungan tersebut, Kepala Cabang beserta Kabid Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen ditemui langsung oleh Pimpinan BRI Cabang Kebumen Herry Poernomo. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan kemitraan yang telah terjalin serta dalam rangka melakukan evaluasi implementasi autodebet yang telah berjalan selama ini dengan Bank BRI Cabang Kebumen sekaligus untuk memperkuat sinergi mencapai Universal Health Coverage (UHC).

“BRI Cabang Kebumen sangat mendukung penuh program autodebet bagi peserta JKN-KIS. Hal ini merupakan upaya Bank BRI untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar iuran JKN-KIS secara otomatis setiap bulannya. Kami menargetkan 65% peserta JKN-KIS di wilayah Kabupaten Kebumen terdaftar dalam sistem autodebet di BRI Cabang Kebumen. Selain itu, implementasi autodebet ini diharapkan dapat menurunkan angka tunggakan peserta JKN-KIS,” ujar Herry.

Hery menambahkan bahwa dengan pihaknya akan menawarkan autodebet kepada semua  nasabah BRI. BRI juga menyiapkan formulir pendaftaran autodebet telah disediakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kebumen. Peserta cukup menyerahkan formulir pendaftaran autodebet yang telah diisi beserta persyaratan lainnya ke loket BPJS Kesehatan ketika melakukan pendaftaran maupun perubahan data. Selanjutnya petugas BPJS Kesehatan yang akan menyerahkan ke BRI Cabang Kebumen.

Saat ini persyaratan pendaftaran JKN-KIS untuk kelas 1, 2 dan 3 wajib membayar iuran melalui sistem autodebet. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan peserta dalam pembayaran iuran JKN-KIS, agar tidak terjadi penonaktifan kartu JKN-KIS hanya karena lupa membayar iuran.

"Dengan mekanisme autodebet ini, peserta JKN-KIS hanya diwajibkan menabung seperti tabungan pada umumnya. Nanti ketika saldo tabungan mencukupi, maka secara otomatis akan terdebet setiap bulannya sesuai jumlah tagihan iuran JKN-KIS," kata Herry.(ma/wh)