13 Mar 2019
  |  
Dilihat : 47 kali

Ratusan Pensiunan Angkasa Pura Antusias Ikuti Sosialisasi JKN-KIS

Yogyakarta, Jamkesnews-Ratusan Pensiunan Pegawai Angkasa Pura yang tergabung dalam Himpunan Pensiunan Angkasa Pura (HIMPURA) semangat dan antusias mengikuti sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang disampaikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Rabu (13/03). Para peserta menyimak seksama setiap materi yang disampaikan dan tak segan mengajukan pertanyaan di sesi diskusi tanya jawab.

Ketua HIMPURA Soesianto mengatakan, sosialisasi tentang Program JKN-KIS memang sengaja diinisiasi agar para pensiunan paham akan hak dan kewajibannya sebagai peserta. Pasalnya, selama ini pihaknya tidak jarang mendapat pertanyaan dari anggota tentang program yang sudah berjalan lebih dari lima tahun ini. Selama kegiatan berlangsung, banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta sosialisasi. Mulai dari status kepesertaan, pelayanan obat, perpindahan faskes hingga informasi terbaru mengenai aturan naik kelas.

”Kami harapkan, dalam kesempatan ini BPJS Kesehatan bisa memberikan penjelasan secara langsung dan mendetail kepada pensiunan agar lebih paham dan jelas,” katanya saat memberi sambutan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Khoirur Rosidi, menjelaskan salah satu aturan yang perlu dipahami masyarakat, yaitu mengenai perpindahan FKTP. Salah satu syaratnya adalah peserta yang bersangkutan sudah terdaftar di FKTP sebelumnya minimal tiga bulan. Peserta dapat melakukan perpindahan tersebut melalui Aplikasi Mobile JKN sehingga tidak perlu datang ke kantor. 

Rosid juga berkesempatan menjelaskan mengenai kanal-kanal layanan peserta JKN-KIS. Misalnya, untuk layanan informasi dan pengaduan peserta, BPJS Kesehatan memiliki beberapa kanal yang menyediakan hal tersebut, seperti BPJS Kesehatan CareCenter 1500 400, Aplikasi Mobile JKN, Aplikasi LAPOR, Aplikasi SIPP dan Loket Informasi di Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten. Rosid mengimbau peserta untuk memaksimalkan kanal-kanal tersebut dan mendapatkan informasi yang valid sehingga dapat mengakses layanan secara maksimal.

”Jangan ragu untuk bertanya kepada kami melalui kanal-kanal tersebut. Dengan senang hati kami akan jawab sehingga peserta mendapat informasi yang valid,” katanya.(ma/dw)