13 Mar 2019
  |  
Dilihat : 63 kali

New e-Dabu Permudah Badan Usaha Urus Administrasi JKN-KIS

Bogor-Jamkesenws - Aplikasi New e-Dabu adalah aplikasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta dalam proses pendaftaran, mutasi peserta dan melihat tagihan iuran badan usaha. Dalam rangka mempermudah proses pendaftaran dan pengelolaan data peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dari segmen badan usaha, BPJS Kesehatan memberikan sosialisasi penggunaan aplikasi i New e-Dabu kepada penanggung jawab badan usaha, baik badan usaha baru maupun yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada Rabu (13/03) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bogor.

“Sosialisasi penggunaan aplikasi New e-Dabu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman penanggung jawab badan usaha terhadap penggunaan aplikasii New e-Dabu, sehingga penanggung jawab dapat dengan mudah menggunakan beberapa fiturnya,” ucap Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Bogor Budi Sulistyawan.

Dalam sosialisasi tersebut, BPJS Kesehatan tidak hanya menyosialisasikan tentang Aplikasi New e-Dabu saja, tetapi juga memaparkan aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh oleh seluruh peserta termasuk karyawan badan usaha serta memanfaatkan beberapa fitur yang memudahkan dalam mengakses data kepesertaan.

“Kami harap dukungan dari seluruh pihak untuk dapat menyukseskan Program JKN-KIS dengan patuh sebagai peserta JKN-KIS, rutin membayar iuran tiap bulan, serta patuh dalam melaporkan setiap perubahan data karyawan, baik itu penambahan maupun pengurangan karyawan,” tutup Budi.

Sosialisasi ini pun disambut baik oleh para penanggung jawab badan usaha yang mengoprasikan New e-Dabu karena terkadang banyak badan usaha yang karyawannya berganti sehingga pemahaman penggunaan New e-Dabu pun terputus.

“Sosialisasi ini sangat penting karena meningkatkan pemahaman kami apalagi jika suatu perusahaan yang pergantian karyawannya terlalu sering kadang kadang serah terima tugas hanya sebagian kecil saja tidak sampai seluruhnya sehingga pemahaman penggunaan New Edabu pun tidak tersampaikan seluruhnya," kata salah satu penanggung jawab badan usaha dari PT. Nusa Adi Daya, Chandra

Saat ini, aplikasi New e-Dabu juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur di dalamnya yang dapat memberikan kemudahan kepada badan usaha untuk mengakses beberapa hal, di antaranya badan usaha dapat melihat status kepesertaan, besaran tagihan iuran tiap bulan, dan fitur mutasi karyawan seperti, penambahan karyawan baru, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data peserta, upah, anggota keluarga, penonaktifan identitas, fasilitas kesehatan dan lain sebagainya.

“Aplikasi New e-Dabu juga memudahkan badan usaha yang tidak mempunyai waktu untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Kini mereka dapat dengan mudah mengurus kepesertaan karyawannya dengan mengakses aplikasi New Edabu menggunakan internet tanpa perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan,” kata Chandra.