13 Mar 2019
  |  
Dilihat : 273 kali

Raih UHC, Pemda Kabupaten Paniai Siap Kawal Program JKN-KIS

Paniai, Jamkesnews – Pemerintah Kabupaten Paniai menerima Piagam Penghargaan dari BPJS Kesehatan atas  capaian Universal Health Coverage (UHC) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS). Pasalnya per 1 Februari 2019 lebih dari 95% penduduk Kabupaten Paniai telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS dengan diintegrasikannya Jamkesda Kabupaten Paniai ke dalam Program JKN-KIS.

Penghargaan yang diterima oleh Bupati Paniai Meki Nawipa diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Budi Sukwara, berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Paniai, Selasa (12/03). Bupati Paniai Meki Nawipa berterima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor atas apresiasi yang diberikan dan Ia berharap program ini terus berjalan dengan baik agar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya di daerah-daerah pedalaman seperti Kabupaten Paniai yang sampai dengan saat ini belum terjangkau dengan maksimal pelayanan kesehatannya.

Menurutnya kebutuhan akan jaminan kesehatan bagi penduduk di Kabupaten Paniai menjadi prioritasnya dalam menjamin kebutuhan dasar hidup manusia  dan sebagai harapan hidup lebih sehat dan memadai. Pemerintah Kabupaten Paniai juga telah menyiapkan dana APBD untuk bayi baru lahir dari peserta Jamkesda.

“Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan dan instansi terkait atas capaian UHC ini. Saya juga berharap dengan adanya UHC ini semakin memudahkan masyarakat Paniai dalam merasakan jaminan kesehatan. Tidak ada lagi keluh kesah mengenai kesulitan masyarakat Paniai dalam memperoleh jaminan kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Budi Sukwara mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Paniai yang turut berperan aktif dalam menyehatkan masyarakat Indonesia khususnya penduduk di Kabupaten Paniai melalui Program JKN-KIS. Budi juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Paniai yang telah bekerja keras bersama-sama untuk mencapai posisi kepesertaan saat ini termasuk mengintegrasikan penduduknya kedalam Program JKN-KIS.

“Kami ucapkan terimakasih atas kerja keras Pemda Kabupaten Paniai bersama kami BPJS Kesehatan untuk meningkatkan jumlah kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kabupaten Paniai. Dukungan dari berbagai pihak untuk pelaksanaan Program JKN-KIS ini tentunya sangat berarti hingga kita bisa mencapai titik ini. Untuk itu kedepannya kami  berkomitmen untuk selalu menjalin hubungan yang baik kepada FKTP dan FKRTL yang tentunya selalu mengedapankan pelayanan yang prima, pelayanan yang maksimal kepada peserta atau penduduk kabupaten Paniai yang telah memiliki kartu JKN tersebut,” tutup Budi (TR/as)