13 Mar 2019
  |  
Dilihat : 47 kali

Pastikan Seluruh Penduduk Lhokseumawe Terlindungi JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kunjungi Pedesaan

Lhokseumawe, Jamkesnews – BPJS Kesehatan kembali melakukan kunjungan ke desa untuk menyosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada masyarakat sekitar Kota Lhokseumawe. Sosialisasi dan kunjungan tersebut dilakukan di halaman Meunasah (Mushala) Hagu Barat Laut pada Selasa (12/03).

Sosialisasi yang mayoritas dihadiri oleh ibu-ibu tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih terkait Program JKN-KIS. Tak hanya itu, kunjungan yang dilakukan pun fokus untuk membantu masyarakat mendaftarkan anggota keluarga yang belum terdaftar ke dalam Program JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe melalui pejabat pengganti sementara, Faisal Bukit, menyampaikan bahwa meskipun masyarakat Aceh khususnya wilayah Kota Lhokseumawe telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau sudah lebih dari 95% terdaftar. Meski demikian, masih ada masyarakat yang belum memiliki jaminan sosial kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini.

“Memang benar (masih ada yang belum terdaftar), tapi tidak banyak, rata-rata yang belum didaftarkan itu adalah anggota keluarga baru, seperti anak baru lahir, atau pun baru didaftarkan ke pencatatan sipil,” jelas Faisal.

Ia pun mengimbau agar masyarakat segera lakukan pendaftaran Program JKN-KIS untuk seluruh anggota keluarganya. Sementara itu, salah satu warga desa yang mengikuti sosialisasi, Fatimah M. Harun, mengaku hadir mengikuti kegiatan karena mendengar pengumuman dari aparat desa tempat tinggalnya. Menurut Fatimah, kunjungan dan sosialisasi seperti yang dilakukan BPJS Kesehatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya memang niat datang kesini, tak lupa juga bawa Kartu Keluarga karena mau mendaftarkan anak saya. Alhamdulillah, mau turun ke gampong (kampung-red), jadi kami lebih ringan karena dekat, tidak perlu lama-lama meninggalkan pekerjaan rumah,” ujar wanita yang kesehariannya berdagang ini.

Fatimah pun berharap kunjungan desa seperti ini dapat lebih ditingkatkan, tak hanya di desa tempat tinggalnya namun juga ke desa-desa lainnya.

“Kunjungannya sangat membantu, kami jadi lebih tau Program JKN-KIS, jadi mudah mendaftarkan keluarga,” tutupnya mengakhiri perbincangan dengan tim Jamkesnews siang itu. (hf/pm)